Pimpinan DPR Rapat Hari Ini Cek Surat Golkar soal Pengganti Azis Syamsuddin

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 12:56 WIB
Jakarta -

Empat pimpinan DPR RI hari ini menggelar rapat membahas pergantian Wakil Ketua DPR yang dijabat Azis Syamsuddin. Untuk sementara, tugas dan fungsi Azis selaku Wakil Ketua DPR dijalankan oleh pelaksana tugas (Plt).

"Nah mengenai masalah apakah kemudian ganggu kinerja dari pimpinan? Saya sampaikan bahwa dalam pimpinan DPR yang bersifat kolektif kolegial itu, ada mekanisme dalam rapat pimpinan untuk mendelegasikan Plt ketika satu orang berhalangan," kata Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad, di kompleks DPR, Jakarta, Senin (27/9/2021).

"Ini bukan baru kali pertama penugasan wewenang itu, karena kadang-kadang ada pimpinan ke luar negeri," imbuhnya.

Seperti diketahui, Azis mengundurkan diri dari jabatan Wakil Ketua DPR usai ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan oleh KPK. Azis merupakan pimpinan DPR dari Fraksi Partai Golkar (FPG).

Lalu, siapa pengganti Azis? Menurut Dasco, Fraksi Partai Golkar belum mengirimkan surat perihal pergantian Azis.

"Sampai dengan hari ini kita belum ada surat masuk. Biarkanlah itu berproses sesuai dengan mekanisme yang ada di Partai Golkar. Kita yang di DPR tinggal menunggu hasil dari mekanisme internal Partai Golkar," sebut Dasco.

Dasco menjelaskan kepastian sudah masuk atau belum surat dari FPG soal nama pengganti Azis didapat dalam rapat pimpinan (rapim) DPR. Rapim akan digelar hari ini.

"Belum ada (nama). Nanti kan di rapim akan kelihatan apakah kemudian suratnya masuk atau tidak," imbuhnya.

Ada dua nama yang masuk bursa pengganti Azis. Baca di halaman berikutnya.