Round-Up

Titik Terang Pengganti Azis Syamsuddin di DPR Usai Dijerat KPK

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 07:09 WIB
Jakarta -

Golkar telah memastikan kursi Wakil Ketua DPR RI yang diduduki oleh Azis Syamsuddin yang ditahan KPK akan segera diisi orang baru. Nama disebut sudah ada di tangan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, dan segera diumumkan.

Ketua DPP Partai Golkar Adies Kadir mengatakan Azis Syamsuddin telah mengajukan surat pengunduran diri sebagai Wakil Ketua DPR. Surat disampaikan kepada Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

"Partai Golkar dengan ini memberitahukan bahwa Saudara Azis Syamsuddin telah menyampaikan surat pengunduran dirinya sebagai Wakil Ketua DPR RI periode 2019-2024 kepada DPP Partai Golkar ke Ketua Umum DPP Partai Golkar," kata Adies di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Sabtu (25/9/2201).

Adies tidak menjelaskan kapan surat pengunduran diri Azis Syamsuddin itu diserahkan. Namun dia mengatakan Partai Golkar akan memproses penggantian Azis.

"Sehingga, terkait dengan penggantinya, Partai Golkar akan memproses dalam waktu dekat," ujarnya.


Pengganti Azis Syamsuddin disebut telah ada di kantong Ketua Umum Golkar, Airlangga Hartarto. Namun, siapa sosok pengganti tersebut belum diungkapkan dan akan diumumkan dua hari lagi.

"Terkait nama pengganti, tidak ada yang tahu, karena hak prerogatif Ketua Umum. Rencananya Selasa (28/9) sore diumumkan," kata Adies Kadir, saat dihubungi, Minggu (26/9/2021).

"Sepertinya, nama sudah ada di kantong Ketum," ujarnya.

Siapa yang Pantas Gantikan Azis Syamsuddin? Simak di halaman selanjutnya.