Jenis Vaksin CoronaVac: Serba-serbi yang Perlu Diketahui

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 10:56 WIB
Jenis Vaksin CoronaVac: Serba-serbi Penjelasannya
Jenis Vaksin CoronaVac: Serba-serbi Penjelasannya -- ilustrasi (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Jenis vaksin CoronaVac masih kerap jadi pertanyaan bagi banyak orang. Vaksin ini jadi salah satu yang masuk dalam program vaksinasi dari pemerintah.

Sebagian orang mungkin masih asing dengan nama vaksin CoronaVac. Berbeda dengan Sinovac, Pfizer, atau moderna yang juga masuk dalam daftar vaksin yang beredar di Indonesia.

Lalu jenis vaksin CoronaVac ini seperti apa? detikcom merangkum informasinya berikut ini.

Jenis Vaksin CoronaVac: Pengertian

Seperti dilansir Indonesiabaik.id, jenis vaksin CoronaVac sebenarnya merupakan produksi perusahaan asal China, yaitu Sinovac. CoronaVac merupakan nama kemasan jadi yang beredar dan berisi vaksin Sinovac.

Vaksin CoronaVac sudah mendapatkan Persetujuan Penggunaan Darurat (EUA) dari Badan POM sejak 11 Januari lalu. Vaksin ini dikemas dalam dus berisi 40 vial (tutup oranye/jingga) di mana per vial ukurannya 2 ml dan berisi 1 dosis.

Jenis vaksin CoronaVac merupakan vaksin whole virus yang memanfaatkan virus SARS-CoV-2 nonaktif. Karena sudah nonaktif, virus ini sudah tak dapat menginfeksi tubuh manusia dan bahkan mendorong terbentuknya imun dalam tubuh.

Jarak vaksin 1 ke vaksin 2 untuk jenis vaksin CoronaVac adalah 28 hari, sesuai dengan Keputusan Menteri Kesehatan Nomor HK.01.07/MENKES/4638/2021 tentang Juknis Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi COVID-19.

Pada 8 Januari lalu, Majelis Ulama Indonesia (MUI) juga telah mengeluarkan fatwa halal untuk vaksin Coronavac dan Sinovac. Dalam rapat komisi fatwa disepakati vaksin tersebut suci dan halal.