Jenis Vaksin CoronaVac: Serba-serbi yang Perlu Diketahui

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 10:56 WIB
Jenis Vaksin CoronaVac: Serba-serbi Penjelasannya
Jenis Vaksin CoronaVac: Serba-serbi Penjelasannya -- ilustrasi (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)

Jenis Vaksin CoronaVac: Efek Samping-Efikasi

Pemberian EUA untuk vaksin CoronaVac dilakukan sesuai panduan WHO. Dari studi klinik fase 3 di Indonesia, Turki dan Brazil selama 3 bulan pasca penyuntikan dosis kedua, jenis vaksin CoronaVac dinyatakan aman dan tidak menyebabkan efek samping berat.

"Efek samping vaksin CoronaVac hanya bersifat ringan berupa nyeri, iritasi dan sedang berupa pembengkakan sistemik, nyeri otot, demam dan gangguan sakit kepala. Efek samping tersebut tidak berbahaya dan dapat pulih kembali," jelas Kepala Badan POM, Penny K. Lukito, melansir dari laman resmi BPOM.

Terkait efikasi jenis vaksin CoronaVac juga telah memenuhi standa WHO. Dalam analisis uji klinik di Bandung efikasi mencapai 65,3%, di Turki 91.25% dan di Brazil 78%. Data imunogenisitas atau kemampuan membentuk antobodi untuk membunuh dan menetralkan virus dari vaksin Coronavac ini juga baik.

"Jumlah subjek yang memiliki antibody untuk melawan virus tersebut yaitu 99,74% setelah 14 hari penyuntikan dan 99,23% setelah 3 bulan," lanjut Kepala Badan POM.

Indonesia Kembali Terima 2 Juta Jenis Vaksin CoronaVac

Indonesia kembali menerima jenis vaksin CoronaVac. Jumlah yang tiba ada 2 juta.

"Hari ini telah tiba 1 juta dosis vaksin Sinovac, bantuan pemerintah RRT. Hari ini juga tiba 1 juta dosis vaksin bantuan perusahaan vaksin Sinovac yang diberikan secara gratis," kata Menlu Retno LP Marsudi dalam konferensi pers virtual,Jumat (24/9/2021).

"Maka di titik kedatangan total vaksin yang telah tiba di Indonesia berjumlah 273.603.790 dosis baik dalam bentuk vaksin jadi maupun dalam bentuk curah," ujar Retno.


(izt/imk)