Round-Up

3 Fakta Aksi Teroris KKB Tewaskan Anggota Brimob di Kiwirok Papua

Tim detikcom - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 06:01 WIB
Bharada Muhammad Kurniadi yang gugur di Kiwirok Papua
Foto: Instagram Humas Polda Aceh
Jakarta -

Kekejian kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua kembali menelan korban. Seorang anggota Brimob gugur usai baku tembak dengan KKB. Ini fakta-fakta terbarunya.

Anggota Brimob yang gugur adalah Bharada Muhammad Kurniadi Sutio. Bharada Kurniadi gugur pada Minggu (26/9) dini hari usai mengalami luka tembak. Dia kemudian mendapat kenaikan pangkat anumerta.

"Betul, kontak tembak di Mako Polsek Kiwirok," ujar Kapolres Pegunungan Bintang AKBP Cahyo Sukarnito ketika dikonfirmasi detikcom, Minggu (26/9/2021). Cahyo menjawab pertanyaan wartawan betul tidaknya KKB menembaki Mapolsek Kiwirok terlebih dahulu.

Berikut fakta-fakta aksi teroris KKB tewaskan anggota Brimob di Kiwirok Papua:

Peristiwa Baku Tembak

Kontak tembak itu terjadi kemarin pagi. Mulanya anggota kepolisian mendengar adanya suara tembakan di depan Polsek Kiwirok. Kemudian, petugas kepolisian melakukan penyergapan.

"Satgas Tindak Nemangkawi melakukan ambush dengan diawali membuka perimeter oleh 2 personel salah satunya Alm Bharatu M Kurniadi," pernyataan Polda Papua yang diterima oleh detikcom, Minggu (26/9/2021).

Saat membuka perimeter, terdapat tembakan yang menyebabkan peluru mengenai arteri ketiak kanan Bharatu M Kurniadi. Nyawanya tak dapat diselamatkan.

KKB Kabur ke Jurang

Setelah menyerang Bharatu M Kurniadi, teroris KKB melarikan diri. Mereka kabur dengan cara lompat ke jurang.

"KKB tersebut melompat ke Jurang dan melarikan diri," demikian pernyataan Polda Papua.

Jenazah Bharatu Kurniadi Akan Dimakamkan di Aceh

Bharatu Anumerta Muhammad Kurniadi Sutio berasal Aceh di Kampung Tamiang, Kabupaten Aceh Tamiang. Dia akan dimakamkan di kampung halamannya.

"Jenazah sudah dievakuasi dari Kiwirok dan akan diotopsi di RS Bhayangkara, selanjutnya akan diterbangkan ke kampung halaman untuk dimakamkan,'' ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal, Minggu (27/9/2021).

Simak video 'Anggota Brimob Gugur Usai Baku Tembak dengan KKB di Kiwirok Papua':

[Gambas:Video 20detik]