Longsor Terjang Karo Sumut, 1 Orang Tewas dan 3 Hilang

Datuk Haris Molana - detikNews
Senin, 27 Sep 2021 04:12 WIB
Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Foto: Ilustrasi longsor (Andhika-detikcom)
Karo -

Longsor terjadi di Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara (Sumut). 1 orang meninggal dunia dalam kejadian itu dan 3 lainnya masih dalam pencarian.

"Telah terjadi longsor mengakibatkan korban jiwa di Desa Sugihen, Kecamatan Dolat Rakyat pada pukul 15.08 WIB," kata Kabid Darlog BPBP Karo, Natanail Perangin-angin dimintai konfirmasi, Minggu (26/9/2021).

Natanail mengatakan para korban jiwa dalam peristiwa itu diduga sementara berjumlah 4 orang. Mereka merupakan para pekerja yang tertimbun tanah.

"Korban jiwa diduga sementara 4 orang pekerja tertimbun tanah," ujar Natanail.

Lokasi longsoran itu merupakan tempat yang sedang dilakukan perbaikan penahan tebing jalan dan saluran air. Lokasi ini disebut juga sudah pernah terjadi longsor sebelumnya.

"Lokasi longsoran sedang dilakukan pekerjaan & perbaikan penahan tebing jalan dan saluran air oleh salah satu pemborong. Sebelumnya memang lokasi tersebut sudah pernah terjadi longsor, objek longsoran yang terjadi secara tiba-tiba mengakibatkan diduga terdapat 4 orang pekerja yang tertimbun yaitu Rehan 19, Rian 21, Reza 19 dan Agus 22 beralamat Tanah Seribu Binjai," sebutnya.

Menurut Natanail saat kejadian itu di lokasi disebut tidak terjadi hujan. Dugaannya, tanah di lokasi yang labil mengakibatkan longsor.

Kemudian, petugas gabungan melakukan upaya pencarian dan pertolongan. Sekitar Pukul 17.00 WIB, satu di antaranya ditemukan dalam kondisi meninggal dunia.

"Sekitar Pukul 17.00 WIB ditemukan salah satu korban bernama Agus (22), kondisi meninggal dunia," ujar Natanail.

Sementara Basarnas Medan menurunkan 1 tim rescuer melakukan pencarian terhadap korban longsor tersebut.

Data dari Basarnas, selain 1 orang meninggal dunia dan 3 lainnya yang masih dalam pencarian. Petugas juga menemukan seorang pekerja bernama Riswan dalam keadaan selamat. Riswan mengalami patah kaki.

"Sudah dilarikan ke pengobatan tradisional," kata Humas SAR Medan, Sariman.

Sariman menyebut saat ini tim SAR gabungan masih terus berupaya melakukan pencarian. Mereka sedang mencari tiga pekerja lainnya yang diduga masih tertimbun.

"Petugas terus berupaya melakukan pencarian terhadap 3 pekerja yang masih tertimbun longsor," sebut Sariman.

Lihat juga video 'Longsor Terjang 10 Titik di Ciamis, Timbun Jalan Penghubung-Rumah Rusak':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)