IDAI Dorong Vaksinasi Anak di Bawah 12 Tahun: Paling Telat Awal 2022

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Minggu, 26 Sep 2021 20:32 WIB
PMI menggelar vaksinasi COVID-19 kepada warga di Kota Bekasi. Sebanyak 1000 dosis vaksin Pfizer disuntikkan kepada warga masyarakat hari ini.
Ilustrasi Vaksin COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy-detikcom)

IDAI Soroti Long COVID-19 Terhadap Anak

IDAI menyoroti potensi terjadinya long COVID-19 terhadap anak. Sekretaris IDAI DKI Jakarta, Yogi Prawira menerangkan, seorang anak bisa terinfeksi virus Corona selama berminggu-minggu, bahkan berbulan-bulan sekalipun bergejala ringan.

"Saat ini sedang banyak penelitian mengenai long COVID kepada anak, anak yang terpapar meskipun gejala ringan dan sedang, kita tidak tahu nih berapa lama mereka akan tetap merasakan keluhan tadi," terangnya.

Yogi juga menilai, kejadian long COVID-19 terhadap anak dapat dikendalikan. Diantaranya dengan mengendalikan transmisi lokal dan menerapkan protokol kesehatan COVID-19 yang ketat.

"Jadi utamanya adalah pencegahan, ini baru bisa mulai kalau transmisi lokal terkendali. Kemudian prokes simultan. Jadi mulai dari masker, cuci tangan, 3T dan vaksinasi ada risiko paparan, tapi kalau kita bekerjasama peneluran itu bisa ditekan," ujarnya.


(dwia/dwia)