Sandiaga Nilai Gage di Jalur Wisata Bali Diperlukan, Harap Dipatuhi Warga

Sui Suadnyana - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 23:03 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno meninjau Stadion Lukas Enembe. Stadion ini akan menjadi venue utama PON XX Papua.
Menparekraf Sandiaga Uno (Foto: Kemenparekraf)

Di sisi lain, Sandi cukup optimis bahwa kebijakan ganjil-genap tidak akan berpengaruh terhadap penurunan kunjungan wisatawan ke Pulau Dewata. Sebab, kata dia, masyarakat pasti akan datang karena sudah rindu dengan Bali.

"Saya cukup optimis ya, bahwa ganjil-genap ini bukan masalah buat orang datang ke Bali. Mereka sudah kangen sama Bali, sudah cinta sama Bali. Jadi kita yakin bahwa ganjil-genap ini adalah responsible tourism, adalah sebuah pariwisata yang bertanggung jawab dan kita ingin menghindari penumpukan dan kemacetan," terangnya.

"Jadi ini adalah salah satu cara kita, tentunya nanti mengubah pola dari masyarakat untuk berwisata, mungkin bisa menggunakan kendaraan umum atau bisa menggunakan car pulling sehingga lebih efektif kunjungan dari wisatawan ke destinasi-destinasi wisata di Bali," paparnya.

Seperti diketahui, Bali memberlakukan pengaturan kendaraan dengan sistem ganjil-genap di tengah pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3. Sistem ganjil-genap diterapkan di ruas jalan menuju daerah tujuan wisata (DTW) Pantai Sanur, Kota Denpasar; dan Pantai Kuta, Kabupaten Badung.

"Pengaturan sistem ganjil-genap kendaraan bermotor akan dilaksanakan di daerah tujuan wisata Pantai Sanur di Kota Denpasar; dan Pantai Kuta di Kabupaten Badung," kata Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Bali, I Gede Wayan Samsi Gunarta dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, Sabtu (18/9/2021).

Samsi menerangkan, pengaturan ganjil-genap dilaksanakan pada Sabtu dan Minggu, hari libur nasional serta hari libur fakultatif daerah. Pengaturan ini dilaksanakan pada pukul 06.30 Wita sampai 09.30 Wita dan pukul 15.00 Wita hingga 18.00 Wita.

"Aturan ganjil-genap menyesuaikan antara angka nomor terakhir pada plat nomor kendaraan dengan tanggal kalender. Kendaraan dengan nomor akhir plat yang tidak sesuai akan diminta untuk memutar balik. Demikian pula sebaliknya," jelasnya

"Apabila pada hari Sabtu tanggal ganjil maka hanya kendaraan dengan angka terakhir ganjil pada plat nomor kendaraan diperbolehkan lewat/masuk. Untuk kendaraan dengan angka terakhir genap tidak diperbolehkan masuk menuju ke pantai Sanur dan Pantai Kuta," imbuh Samsi.

Aturan ganjil-genap ini berlaku untuk kendaraan perseorangan dengan plat dasar hitam dan tulisan putih, baik roda empat maupun roda dua. Hal ini berlaku di semua jalan akses ke Pantai Sanur dan jalan akses ke Pantai Kuta.


(fas/fas)