Didi Mahardika Cerita Besarnya Rasa Sayang Mega ke Almarhumah Rachmawati

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 21:52 WIB
Rachmawati Soekarnoputri
Almarhum Rachmawati Soekarnoputri (Yulida/detikcom)
Jakarta -

Putra Rachmawati Soekarnoputri, Didi Mahardika, mengenang sosok ibunya semasa hidup. Didi juga bercerita besarnya rasa sayang Megawati Soekarnoputri ke Rachmawati.

Dia awalnya bicara soal perjuangan almarhumah Rachmawati. Didi mengaku sering menemani Rachmawati berkunjung ke berbagai daerah untuk mengecek kondisi masyarakat.

"Selama Mamah ada, ya dia berjuang. Yang nemenin gue. Kadang saja nih, dari pindah kota ke kota, dia cek turun sendiri keadaan rakyat seperti apa, bukan kampanye loh, dia cek turun. Gue yang jalan kaki dan orang-orang yang nemenin Mama jalan kaki itu semangatnya kalah dengan yang di kursi roda," kata Didi dalam tayangan YouTube V Entertainment.id seperti dilihat, Sabtu (25/9/2021).

Didi mengatakan Rachmawati selalu bersemangat meski beraktivitas dengan kursi roda karena sakit. Dia mengatakan kursi roda yang dipakai Rachmawati pernah jebol.

Dia kemudian bicara saat-saat terakhir menemani ibunya. Dia mengaku kehilangan Rachmawati merupakan hal yang paling membuatnya rapuh.

"Gue datang cuma ingin bacain doa dari terbatas kaca dan sampai Mama tidur. Tapi gua menerima itu semua ya, kadang melihat dari sisi baiknya juga ada karena takut terpapar juga. Cuma akhirnya karena ada sesuatu hal yang gue nggak kuat, gue harus ketemu Mama. Mungkin karena gue anaknya dan gue kayak anak kecil, gue terabas, gua tetep lihat ke ruang kaca walaupun gue nggak melanggar prokes ya. Cuma gue sedih banget di situ. Di situ titik terapuh hidup gue," ungkapnya.

Didi mengaku tak tega melihat ibunya terbaring sakit. Didi berharap bisa bertukar posisi dengan ibunya.

"Harusnya gue yang di situ, bukan Mama. Karena Mama masih dibutuhkan banyak orang," ucapnya.

Cerita hubungan Rachmawati dengan Megawati di halaman selanjutnya: