Kompolnas soal Nakes Diserang di Papua: KKB Tak Kenal Tugas Kemanusiaan

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 15:57 WIB
Ilustrasi Papua yang digunakan Jokowi saat sampaikan duka cita untuk korban banjir Sentani. (Dok Twitter @jokowi)
Ilustrasi Papua (Dok Twitter @jokowi)
Jakarta -

Anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Yusuf Warsyim menyoroti serangan terhadap tenaga kesehatan (nakes) di Papua oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB). Cara mewujudkan stabilitas di Papua bukan hanya lewat pendekatan keamanan, namun juga pendekatan kesejahteraan.

"Bahwa kelompok bersenjata itu sangat brutal dan beringas. Dia tidak mengenal siapa pun, termasuk tugas kemanusiaan, dia tidak mengenal itu," ujar Yusur dalam diskusi publik yang diselenggarakan MNC Trijaya, Sabtu (25/9/2021.

Dari sisi nurani pun, tindakan itu tidak bisa ditoleransi. Karena itulah, konsep keamanan di Papua harus dibangun karena menyangkut keamanan maupun kesejahteraan nakes.

Dia juga menilai saat ini bangsa Indonesia tengah menghadapi masalah. Karena itu, penting bagi seluruh jajaran untuk melindungi nakes dan mengutamakan kesejahteraan mereka.

"Sesungguhnya penting melindungi nakes kita, sejauh ini kan pendekatan pemerintahan strateginya kesejahteraan, terus menganulir sifat kekerasan agar diredam. Tapi persoalan Papua tidak hanya serangan saja," kata dia.

Selanjutnya, jangan sampai pemerintah disalahkan internasional