Gubernur Papua Jamin Keamanan PON: Akan Terselenggara dengan Baik

Wilpret Siagian - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 20:42 WIB
Gubernur Papua pimpin rapat persiapan PON
Gubernur Papua pimpin rapat persiapan PON (Foto: Wilpret Siagian/detikcom)
Jayapura -

Gubernur Papua, Lukas Enembe menjamin keamanan para peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Lukas berharap PON bisa terselenggara dengan baik.

"Menyangkut keamanan PON, Pemprov Papua bersama seluruh Forkompimda menjamin bahwa pelaksanaan PON XX Papua 2021 aman dan akan terselenggara dengan baik," ujar Lukas Enembe kepada wartawan di Jayapura, Jumat (24/9/2021).

Hal itu disampaikan Lukas Enembe usai memimpin rapat persiapan kunjungan Presiden RI, Joko Widodo di Jayapura, pada Sabtu (2/10) mendatang, dalam rangka pembukaan PON XX Papua tahun 2021.

Lukas mengatakan bahwa saat ini masih ada gangguan kelistrikan dan telekomunikasi. Namun dia akan mengupayakan agar tidak ada gangguan selama pelaksanaan PON.

"Saya sudah bicara dengan Menteri Kominfo RI bahwa mereka akan berupaya untuk membangun jaringan komunikasi dari luar. Artinya bukan jalur jaringan yang biasa digunakan Telkom tetapi ada jalur lain yang digunakan. Dan bukan jalur jaringan yang pernah gangguan akibat gempa itu," terangnya.

Gubernur Lukas mengajak seluruh masyarakat Papua lebih khusus masyarakat pemilik hak ulayat tanah yang digunakan untuk venue PON XX Papua untuk tetap menjaga keamanan. Masalah hak ulayat akan diselesaikan setelah perhelatan PON XX dan Peparnas.

"Setelah PON dan Peparnas, Pemprov Papua akan menyelesaikan semua persoalan hak ulayat tanah untuk pembangunan venue. Kami akan membayar kalau memang belum dibayar. Kami tidak akan membayar kalau ternyata memang sudah dibayarkan. Tidak boleh ada pembayaran double, itu melanggar hukum," tambahnya.

(lir/lir)