Kasus Fitnah ke Atta Halilintar, Akun Youtube Savas Fresh Disita Polisi

Nahda Rizki Utami - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 07:55 WIB
Atta Halilintar saat berkunjung ke kantor detikcom.
Atta Halilintar (Foto: Asep Syaifullah/detikcom)
Jakarta -

Youtuber Savas Fresh (28) ditahan polisi setelah ditangkap kasus fitnah dan pencemaran nama baik ke Atta Halilintar. Polisi juga menyita akun Youtube Savas Fresh untuk kepentingan penyidikan.

"Iya (akun YouTube Savas Fresh disita)," kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Achmad Akbar saat ditanya apakah akun Youtube Savas disita, saat dihubungi, Sabtu (25/9/2021).

Sementara itu, Akbar mengatakan kasus tersebut masih berproses di kepolisian. Polisi belum melimpahkan berkas perkaranya ke kejaksaan.

"Nanti, kita berproses nanti. Kita perlu berkoordinasi dengan kejaksaan," ucapnya.

Tak Ada Permintaan Mediasi

Lebih lanjut Akbar menyebutkan pihaknya tidak menerima adanya permintaan mediasi dari pihak Atta Halilintar terkait kasus pencemaran nama baik melalui ITE. Sehingga, polisi tetap memproses tersangka Savas Fresh atas laporan Atta Halilintar tersebut.

"Kita prinsipnya menerima kalau upaya mediasi itu ada. Tapi, sejauh ini kita belum menerima, belum ada pemberitahuan ke kita. Jadi prosesnya berjalan seperti biasa," ujar Akbar, Jumat (24/9).

Untuk diketahui, Kapolri Jenderal Listyo Sigit telah mengeluarkan Surat Edaran terkait penyelesaian kasus pencemaran nama baik melalui ITE secara restorative justice. Dalam edaran tersebut, polisi diminta mengedepankan upaya mediasi antara pelapor dan terlapor.

Terkait edaran Kapolri tersebut, Akbar mengatakan pihaknya berupaya mengedepankan upaya mediasi. Hanya saja, pihaknya belum menerima permintaan mediasi dari kedua belah pihak.

"Kita sangat menjunjung tinggi kebijakan dari pimpinan, namun demikian pada perkara ini beranjak dari adanya laporan orang yang merasa dirugikan, pihak yang dirugikan. Pada prinsipnya kami selaku penyidik sangat sangat siap untuk mengakomodir apabila upaya untuk pembahasan di luar hukum formal ada tetapi sejauh ini kita belum menerima itu," jelas Akbar.

"Makannya kita mengembalikan ke para pihak ya, kalau para pihak menghendaki adanya pemufakatan, perdamaian itu akan sangat sangat kita terima dan akan kita tindak lanjuti tapi sejauh ini belum ada," tambahnya.

Tonton video 'Atta Halilintar Tetap Ingin YouTuber Savas Fresh Dipenjara':

[Gambas:Video 20detik]



(mea/lir)