KPK Dalami Dugaan Suap Eks Bupati Kukar dan Azis Syamsuddin ke AKP Robin

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Sabtu, 25 Sep 2021 03:21 WIB
Ketua KPK Firli Bahuri memimpin keterangan pers penahanan Azis Syamsuddin.
Jumpa pers KPK soal kasus Azis Syamsuddin (Foto: Azhar/detikcom)
Jakarta -

Mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju (SRP), disebutkan bahwa mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rita Widyasari memberikan suap Rp 5,1 miliar kepada Robin terkait pengurusan peninjauan kembali (PK) soal kasus TPPU Rita. KPK akan mendalami dugaan tersebut, karena Rita dan Robin diduga dikenalkan oleh Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin.

"Yang terakhir tadi saya harus sampaikan juga tadi terkait dengan pemberian suap dari Widyasari dan AZ (Azis) kepada SRP tentu ini masih dalam tahap kita akan dalami, terkait dengan dugaan-dugaan tadi," ujar Ketua KPK Firli Bahuri, dalam konferensi pers di Gedung KPK, Sabtu (25/9/2021).

Firli mengatakan KPK tentu bekerja sesuai dengan ketentuan hukum. Hal itu tertuang dalam Pasal 184 KUHAP dalam hal alat bukti yang sah.

"Karena begini, KPK itu bekerja tidak bisa lepas dari ketentuan hukum. Kalau kita bicara tentang alat bukti tentu kita harus manut pada pasal 184 KUHAP, ada 5 alat bukti yang sah dan tugas kita memahami betul kecukupan bukti apa yang dimaksud kecukupan bukti. Itu tidak lepas dari apa yang dia lakukan oleh undang-undang nomor 8 tahun 81 tentang hukum acara pidana yaitu ada di pasal 183," jelas Firli.

"Di situ disebutkan hakim tidak dapat memutus suatu perkara kecuali dengan keyakinannya dengan sekurang-kurangnya dua alat bukti, jadi KPK bekerja dasarnya begitu," tambahnya.

Dalam perkara TPPU Rita, jaksa KPK menyebut Azis Syamsuddin mengenalkan AKP Robin ke mantan Bupati Kutai Kartangera (Kukar), Rita Widyasari. Azis juga disebut berkomunikasi dengan Rita Widyasari.

Awalnya jaksa menyebut Robin dan Maskur Husain mendatangi Lapas Kelas II-A Tangerang menemui Rita Widyasari setelah dikenalkan oleh Azis. Di pertemuan itu, Robin menyampaikan bahwa dia merupakan penyidik KPK dengan memperlihatkan kartu Identitas penyidik KPK serta memperkenalkan Maskur Husain sebagai pengacara.

Simak video 'Jadi Tersangka Suap, Azis Syamsuddin Resmi Ditahan KPK!':

[Gambas:Video 20detik]