Polda Jateng Kirim Personel Kawal Atlet PON XX ke Papua

Angling Adhitya Purbaya - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 18:55 WIB
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy, Sukoharjo, Rabu (8/9/2021).
Kabid Humas Polda Jateng Kombes Iqbal Alqudusy (Foto: Ari Purnomo/detikcom)
Semarang -

Polda Jawa Tengah (Jateng) bakal memberikan pengawalan untuk para atlet asal Jateng yang akan berlaga di PON XX Papua. Ada 21 personel gabungan yang dikerahkan untuk memberikan pengawalan bagi para atlet.

"Tim mendampingi kontingen hingga pelaksanaan PON usai dan diploting bertugas di 4 kota," kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Iqbal Alqudusy, lewat pesan singkat, Kamis (23/9/2021).

Iqbal menyebut ada 411 atlet dari Jawa Tengah yang akan berangkat ke Papua. Tim rencananya akan berangkat hari Sabtu (25/9) mendatang. PON XX sendiri berlangsung pada 2-15 Oktober 2021 mendatang.

"Tim pengamanan dipimpin Kasat Brimobda Jateng Kombes Farid Bachtiar Effendi, terdiri dari 7 personel Kodam Diponegoro dan 14 personel Brimobda Jateng. Direncanakan berangkat pada 25 September 2021," jelasnya.

Sementara itu, salah satu universitas di Jateng yang mengirimkan tim untuk bergabung ke kontingen PON XX yakni Universitas Negeri Semarang (Unnes). Kontingen dari Unnes sebanyak 127 orang yang terdiri dari atlet mahasiswa, dosen, maupun tim yang menjadi official.

"Peran serta Unnes dalam PON XX Papua 2021 cukup tinggi, terdapat 71 mahasiswa atlet, mahasiswa asisten pelatih 1, mahasiswa official 2, mahasiswa staff KONI 3, mahasiswa panpel 4, dosen pelatih dan asisten 5, dosen official/manajer 5, Dosen Pengurus KONI 7, Dosen Tim Monev 7, dosen tim psikolog 3, dosen tim kesehatan 5, dosen wasit 7, dosen panpel 5, tendik panpel 2. Semua akan memberikan prestasi terbaik pada PON Papua ini," kata Rektor Unnes, Fathur Rokhman dalam keterangannya hari ini.

Kontingen Unnes untuk Jawa Tengah akan mengikuti 23 cabang olahraga di antaranya anggar, angkat besi, atletik, bola tangan, bola basket, gulat, sepak bola, softball, tarung derajat, senam, hoki, pencak silat, wushu, muaythai, panahan, taekwondo, renang, selam, sepatu roda, karate, tinju, menembak, dan catur.

(ams/rih)