Taspen Raih Predikat Emerging Industry Leader dalam BPEA 2021

Erika Dyah - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 20:11 WIB
TASPEN raih penghargaan Emerging Industry Leader
Foto: TASPEN
Jakarta -

PT Taspen (Persero) meraih predikat Emerging Industry Leader dalam acara High Level Forum & Penganugerahan Business Performance Excellence Awards (BPEA) 2021. Predikat tersebut diraih Taspen melalui proses assessment Kriteria Penilaian Kinerja Unggul Badan Usaha Milik Negara (KPKU BUMN) yang diselenggarakan Forum Ekselen BUMN (FEB).

Diketahui, penghargaan diberikan langsung oleh Ketua Umum FEB Agung Yunanto secara daring kepada Direktur Utama Taspen A.N.S. Kosasih pada Kamis (23/9).

Kosasih mengungkap pihaknya merasa bangga bisa menerima penghargaan dari BPEA 2021. Ia pun berterima kasih kepada seluruh karyawan Taspen yang telah bekerja keras untuk menghasilkan kinerja optimal.

"Pencapaian ini merupakan hasil dari berbagai inovasi yang telah Taspen lakukan dalam meningkatkan daya saing perusahaan, salah satunya dengan menjalankan bisnis dan layanan berbasis digital untuk memudahkan para peserta Taspen di seluruh Indonesia," ungkap Kosasih dalam keterangan tertulis, Jumat (24/9/2021).

Ia mengatakan, pihaknya juga telah menerapkan Human Capital di lingkungan organisasi Taspen.

"Ke depannya, penghargaan ini kami jadikan pemicu semangat untuk terus fokus berkomitmen memberikan pelayanan yang optimal. Taspen juga berusaha menciptakan inovasi-inovasi yang sesuai dengan rencana perusahaan dan perkembangan situasi bisnis di masa depan," ujarnya.

Ia menerangkan dalam kurun waktu 7 tahun terakhir, skor penilaian KPKU Taspen terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan, Taspen berhasil mempertahankan predikat Emerging Industry sejak tahun 2018 hingga saat ini.

Sebagai informasi, Penganugerahan BPEA 2021 merupakan ajang penganugerahan kepada BUMN yang turut serta mengimplementasikan strategi dari 5 Prioritas Kementerian BUMN dalam meningkatkan kinerja dan daya saing setiap BUMN di tingkat regional dan global. Di samping itu, Forum Ekselen BUMN (FEB) juga menilai penerapan model Bisnis Ekselen-KPKU yang efektif dan efisien di setiap BUMN pada ajang ini.

"Sebagai perusahaan yang dinamis, Taspen terus bergerak maju dalam membangun organisasi yang produktif dengan kinerja yang ekselen dan memiliki daya saing world class melalui pengembangan inovasi dan teknologi yang berjalan semakin dinamis dan terus menjadi perusahaan yang terpercaya serta semakin Andal Melayani," terangnya.

Taspen Dukung Kesetaraan Gender dan Kesehatan Perempuan

Taspen baru-baru ini juga menggelar kegiatan Webinar Women Empowerment Talk (WETalk). Webinar ini adalah agenda kegiatan Srikandi Taspen yang merupakan bagian dari Srikandi BUMN.

Kosasih yang membuka langsung webinar ini mengungkap, kegiatan ini membahas mengenai deteksi dini dan kiat-kiat mencegah penyakit kanker payudara bagi seluruh karyawati Taspen Group.

Adapun webinar interaktif bertajuk 'Deteksi Dini Kanker Payudara' ini berlangsung daring dengan mengundang sejumlah narasumber. Mulai dari Ketua YKPI Linda Agum Gumelar, Oncologist RS Kanker Dharmais dr.Iskandar.Sp.B(k).Onk., serta Direktur Kepatuhan dan Manajemen Risiko Taspen, Diyantini Soesilowati selaku Pembina Srikandi Taspen.

Acara ini pun ditutup dengan pemberian bantuan kepada Yayasan Kanker Payudara Indonesia (YKPI). Menurut Kosasih, bantuan ini diberikan untuk mendukung program Indonesia bebas kanker payudara stadium lanjut dan program pencegahan penyakit kanker payudara di Indonesia.

Untuk diketahui, Forum Srikandi Taspen merupakan salah satu bentuk konkret komitmen Taspen untuk mendukung kesetaraan gender dan profesionalisme di seluruh jajaran Taspen Group. Hingga kini, jumlah anggota Srikandi Taspen mencapai 682 orang atau sekitar 40% dari total personel Taspen.

Kosasih menerangkan, selama masa pandemi, pihaknya terus mengedepankan kenyamanan dan keselamatan peserta dengan menerapkan layanan digital berupa TASPEN PESONA (Tanggap Andal Selamatkan Pensiunan dengan Pelayanan Bebas Corona). Adapun layanan ini merupakan deretan layanan berbasis daring yang meliputi TOOS (Taspen One-hour Online Service), layanan E-Klim, T-care, dan Otentikasi Digital.

Ia menambahkan, peserta pensiunan juga dapat mengakses layanan Taspen melalui e-klim.taspen.co.id dan tcare.taspen.co.id untuk mengunduh formulir klaim atau mengajukan pertanyaan dan keluhan. Selain itu, peserta TASPEN dapat mengakses kanal informasi lainnya, yaitu dengan menghubungi Call Center 1500919, mengunjungi laman website official www.Taspen.co.id, dan media sosial Facebook @Taspen, Twitter @Taspen, YouTube Taspen, Instagram @Taspen.kita, dan Tiktok @Taspen.id.

(fhs/ega)