Kahiyang Bakal Bantu Daging untuk Makanan Harimau Kurus Medan Zoo

Datuk Haris Molana - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 18:52 WIB
Kebaya HUT RI Kahiyang Ayu
Foto: Instagram/@kahiyangayu
Jakarta -

Wali Kota Medan Bobby Nasution memberikan perhatian soal harimau di Medan Zoo yang kurus dan makan rumput. Bobby mengatakan istrinya, Kahiyang Ayu, akan menyumbang daging untuk makanan harimau.

"Kemarin Ibu Wali Kota mau memberikan atau menyumbangkan langsung daging ataupun ayam. Ini kita tunggu saja," ucap Bobby kepada wartawan, Jumat (24/9/2021).

Bobby menyebut telah melantik direksi baru Perusahaan Umum Daerah (PUD) Pembangunan, yang membawahi Kebun Binatang Medan. Bobby pun meminta direksi meningkatkan apa yang telah ditargetkan Pemko Medan.

"Kita sudah tetapkan direksinya, sudah saya tetapkan direksinya, dan poin-poinnya, itu tetap kita minta membangkitkan PUD (perusahaan umum daerah) kita harus meningkatkan apa yang sudah kita buat sampai dengan hari ini," kata Bobby.

Selain itu, Bobby menyebut sejauh ini makanan satwa itu berasal dari CSR (corporate sosial responsibility) perusahaan-perusahaan. Bobby berjanji bakal memperbaiki lagi manajemen terkait kebun binatang tersebut.

Bobby Nasution (kanan) / Ahmad Arfah-detikcomBobby Nasution (Ahmad Arfah/detikcom)

"Cuma kalau untuk manajemennya harus kita perbaiki lagi. Pengelolaannya itu kan sudah dalam bentuk badan usaha. Harusnya dikelola, namun hari ini kita tahu bagaimana pengelolaannya masih minim, jadi kesulitan-kesulitan sering kali terjadi. Makanya banyak yang memberikan sumbangan, banyak yang memberikan CSR untuk harimau dan satwa lainnya," ucap Bobby.

Sebelumnya, video yang menyebut harimau di Medan Zoo kurus dan makan rumput viral. Pimpinan DPRD Medan pun menyentil Wali Kota Medan karena hal itu.

Dilihat detikcom, Jumat (24/9), dalam video itu terlihat seekor harimau yang berada di dalam kandang. Harimau itu terlihat kurus dan sedang memakan rumput di dalam kandang.

Harimau kurus di Medan ZooHarimau kurus di Medan Zoo (Ahmad Arfah Fansuri Lubis/detikcom)

Pengunggah menyebut harimau yang terlihat kurus itu berada di Kebun Binatang Medan atau Medan Zoo. Pengunggah juga menyebut hewan-hewan yang berada di Medan Zoo tidak terawat.

Wakil Ketua DPRD Medan Rajuddin Sagala meminta pengelola kebun binatang memberikan perawatan yang terbaik ke satwa yang ada. Rajuddin juga meminta Bobby Nasution mengevaluasi manajemen Medan Zoo buntut viral harimau kurus.

"Kita meminta agar Pemko Medan mengevaluasi pegawai, manajemen, yang mengurusi persoalan binatang di kebun binatang ini. Maunya binatang ini dirawat dengan baik," tutur Rajuddin.