Wagub: Kasus COVID Turun-Tak Ada Zona Merah, Bali Siap Terima Wisman

Sui Suadnyana - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 10:13 WIB
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati/Cok Ace
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardhana Sukawati/Cok Ace (Foto: dok. Pemprov Bali)

Saat ini Pemprov Bali juga tengah mendorong penggunaan aplikasi PeduliLindungi sebagai salah satu syarat memasuki tempat publik. Semua usaha tersebut juga didukung dengan capaian vaksinasi yang cukup baik di Bali.

"Hingga hari ini jumlah masyarakat yang sudah divaksin dosis pertama sekitar 96 persen, dan 73,22 persen sudah menerima dosis kedua. Untuk pegawai pariwisata rata-rata sudah menerima vaksin kedua," tambahnya.

Karena itu, Cok Ace berharap pintu pariwisata Bali untuk wisman bisa segera dibuka. Dirinya juga mengharapkan kerja sama berbagai duta besar (dubes) negara ASEAN di bidang pariwisata.

Selain di bidang pariwisata, Cok Ace menawarkan kerja sama dengan negara-negara ASEAN di bidang pertanian. Saat ini, menurutnya, pemerintah di Bali tengah menggalakkan sistem pertanian hilirisasi.

"Dari dulu sistem pertanian kami selalu bersumber dari hulu, pemerintah memberikan bantuan berupa bibit, pupuk, dan lain-lain. Sistem ini sangat merugikan saat masa panen tiba karena bisa membuat harga komoditas anjlok," terangnya.

"Saat ini kami ingin mengembangkan sistem hilir. Jika ada perusahaan dari negara ASEAN yang ingin berinvestasi untuk pengolahan hasil pertanian hingga kami bisa mengekspornya, kami sangat mengapresiasi," ajak Cok Ace.


(aud/aud)