Kejagung Sita 4 Aset Teddy Tjokro Terkait Korupsi ASABRI Senilai Rp 268 M

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 08:08 WIB
Gedung Asabri / Ilustrasi Asabri
Foto: PT ASABRI (Andhika Prasetia/detiknews)
Jakarta -

Kejaksaan Agung (Kejagung) melakukan penyitaan aset tanah dan bangunan milik salah satu tersangka korupsi PT ASABRI, Teddy Tjokro. 4 Aset tanah dan bangunan milik Adik Benny Tjokro ini senilai Rp 268 miliar.

"Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus Kejaksaan Agung melakukan tindakan penyitaan barang bukti dalam perkara tindak pidana korupsi Dan tindak pidana pencucian uang dengan tindak pidana asal yaitu dugaan tindak pidana korupsi dalam pengelolaan keuangan dan dana Investasi oleh PT. ASABRI (Persero) pada beberapa perusahaan periode tahun 2012 s/d 2019 yang menyebabkan kerugian keuangan negara kurang lebih Rp 22,78 triliun," kata Kapuspenkum Kejagung, Leonard Eben Ezer Simanjuntak, dalam keterangannya, Jumat (23/9/2021).

Leonard menyampaikan aset yang disita yakni milik salah satu tersangka korupsi PT ASABRI yakni Teddy Tjokro. Dia menyebut aset tersebut berupa tanah dan bangunan seluas 26.765 meter persegi.

"Penyitaan aset milik tersangka yang berhasil disita dalam perkara tersebut yakni aset-aset milik dan atau yang terkait tersangka TT berupa 4 bidang tanah dan/atau bangunan dengan jumlah luas seluruhnya 26.765 M2," ucapnya.

Dia menyebut penyitaan aset telah melalui keputusan hakim dan sesuai dengan penetapan ketua Pengadilan Negeri/HI/Perikanan/Tipikor Tanjung Pinang Kelas IA Nomor: 59/Pen.Pid.Sus-TPK/2021/PN.Tpg tertanggal 22 September 2021. Pengadilan telah memberikan izin untuk menyita keempat aset milik tersangka.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya soal 4 aset yang disita Kejagung.