Round-Up

Kian Panjang Luhut Vs Haris Azhar soal Kepemilikan Tambang

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 07:47 WIB
Fatia Maulidiyanti Buat Aduan ke Komnas HAM
Foto: Fatia Maulidiyanti Buat Aduan ke Komnas HAM (Kadek-detikcom)

Lapor ke Komnas HAM

Sementara itu, karena merasa ada pelanggaran HAM atas laporan Luhut, kemarin Fatia bersama kuasa hukumnya menyambangi Komnas HAM.

"Pada intinya dari temuan-temuan yang kita sampaikan itu, kami meminta kepada komisioner Komnas HAM atau Komnas HAM untuk mendalami lebih jauh terkait adanya indikasi pelanggaran hak asasi manusia," kata kuasa hukum Fatia, Andi Muhammad Rezaldy di Komnas HAM, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (23/9/2021).

Andi meminta Komnas HAM untuk memberikan perlindungan kepada kliennya. Sebab menurut Andi, apa yang disampaikan oleh kliennya berdasarkan hasil penelitian yang diarahkan kepada pejabat publik bukan individual.

"Oleh karena adanya ancaman pemidanaan ataupun gugatan, kami minta kepada Komnas HAM untuk memberikan pelindungan, bagi orang-orang khususnya Fatia dan kawan yang lainnya untuk diberikan perlindungan," ujarnya.

"Karena apa yang mereka sampaikan ini basisnya adalah penelitian, dan diarahkan kepada pejabat publik. Karena ada indikasi konflik kepentingan berdasarkan temuan riset kami," sambungnya.

Andi menyampaikan laporan yang dilayangkan Luhut terhadap kliennya itu melanggar HAM. Dia menilai hasil penelitian dan riset yang disampaikan Fatia merupakan bagian dari kebebasan ekspresi yang dilindungi oleh undang-undang.

"(Indikasi pelanggaran HAM) jelas apa yang disampaikan kawan-kawan dari ICW, KontraS dan kawan lainnya itu merupakan bagian dari kebebasan berpendapat dan berekspresi yang mana menurut berdasarkan konstitusi dan juga peraturan perundang-undangan, kita itu dijamin oleh negara untuk diberikan jaminan perlindungan," ucapnya.


(rdp/rdp)