Mahfud Md Sampaikan Opsi Pemilu Digelar 24 April 2024

Kadek Melda Luxiana - detikNews
Jumat, 24 Sep 2021 00:43 WIB
Mahfud Md
Foto: Menko Polhukam Mahfud Md (dok. Kemenko Polhukam)
Jakarta -

Menko Polhukam Mahfud Md menyampaikan ada sejumlah opsi tanggal pelaksanaan Pemilu serentak 2024. Salah satu opsi yang muncul yakni tanggal 24 April 2024.

Hal itu disampaikan Mahfud usai rapat koordinasi lanjutan simulasi tanggal pelaksanaan Pemilu 2024 bersama Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian dan lembaga terkait di Kantor Kemenko Polhukam, Kamis (23/9/2021). Selain tanggal 24 April, Mahfud menyampaikan masih ada tiga opsi tanggal lainnya yang nantinya akan diajukan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Terkait dengan opsi Pemilu dilaksanakan pada tanggal 24 April," kata Mahfud Md.

Mahfud menuturkan Mendagri Tito sebelumnya sudah melakukan simulasi mengenai tanggal pelaksanaan Pemilu. Simulasi dilakukan tiga kali, satu kali bersama dengan DPR dan dua kali bersama Kemenko Polhukam.

"Simulasi sudah dilakukan, Mendagri sudah bersimulasi dengan DPR pada tanggal 16 September, lalu di Kemenko Polhukam tanggal 17, itu semuanya di bulan September dan yang terakhir tanggal 23 September juga simulasi lagi sehingga sampai dengan pilihan-pilihan," tuturnya.

Mahfud menyampaikan Presiden Jokowi menginstruksikan agar pemerintah segera menetapkan tanggal pelaksanaan Pemilu 2024. Presiden Jokowi kata Mahfud, tidak ngin isu-isu liar mempengaruhi pelaksanaan Pemilu.

"Presiden menginstruksikan agar segera ditetapkan simulasi tanggal Pemilihan Umum dan Pilkada tahun 2024. Jadi Presiden minta agar kita tidak terpengaruh oleh isu-isu lain, amandemen, perpanjangan jabatan dan sebagainya. Pokoknya tetapkan tanggal Pemilu yang layak sesuai dengan undang-undang, di mana kita bersepakat bahwa menurut undang-undang Pemilu legislatif dan Presiden itu tahun 2024," jelasnya.

Simak selengkapnya di halaman berikutnya.