detikcom Do Your Magic

#CegahBanjir, Sampah di Kali Dekat Kelurahan Rawa Bunga Dibersihkan Siang Ini

Athika Rahma - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 15:57 WIB
Petugas bersihkan sampah di kali dekat kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara Jakarta Timur.
Foto: Athika Rahma/detikcom
Jakarta -

Sampah yang berada di kali dekat kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara, dibersihkan. Petugas dari Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta datang mengangkut sampah tersebut untuk #cegahbanjir.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (23/9/2021), terlihat petugas penyedia jasa layanan perorangan (PJLP) UPK Badan Air Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta tengah menyisir sampah yang tersaring di plastik HDPE. Sampah tersebut kebanyakan berbentuk sampah rumah tangga.

Petugas bersihkan sampah di kali dekat kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara Jakarta Timur.Petugas membersihkan sampah di kali dekat kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jatinegara, Jakarta Timur. (dok. Istimewa)

Setelah disisir, sampah tersebut dipilah dan dipindahkan ke dermaga sampah sementara atau ponton. Kemudian, sampah dinaikkan ke atas mobil pengangkut yang terparkir di tepi jalan.

Pada pembersihan siang ini, petugas hanya mengambil 2 karung sampah. Biasanya, mereka mengambil sampah dengan volume rata-rata 8 kubik agar lebih efektif dalam pengantaran ke tempat pembuangan sampah (TPS).

"Biasanya 3 hari kita tunggu ini sampah di dermaga atau di ponton ini penuh, baru kita angkut," ujar pengawas Kali Kec Jatinegara UPK Badan Air Sapi'i Hasan.

Sapi'i menjelaskan sampah-sampah di kali tersebut memang tidak setiap hari diangkut dari ponton. Namun, PJLP terus menyisir sampah yang tersaring di plastik HDPE untuk ditampung di ponton sementara.

"Ini (plastik HPDE) ini gunanya bukan menghambat (sampah), ini buat menyaring, bukan penghambat (yang menyebabkan) banjir," jelasnya.

Sebelumnya, seorang warga melaporkan adanya sampah yang menumpuk di kali dekat kelurahan Rawa Bunga. Sampah tersebut dinilai menyumbat aliran air dan membuat kali berpotensi meluap jika terjadi hujan lebat.

(aik/aik)