detikcom Do Your Magic

Petugas Mengaku Telah Angkut Sampah di Kali Rawa Bunga yang Dikeluhkan

Athika Rahma - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 15:05 WIB
Sampah menumpuk di kali depan Kelurahan Rawa Bunga, Jakarta Timur
Foto: Athika Rahma/detikcom
Jakarta -

Petugas UPK Badan Air, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, menjawab keluhan warga Rawa Bunga soal sampah di kali dekat kantor Kelurahan Rawa Bunga. Menurutnya, petugas rutin mengangkut sampah di lokasi saringan sampah.

"Tadi pagi sudah bersih," ucap pengawas kali Kecamatan Jatinegara UPK Badan Air Sapii Hasan saat dihubungi, Kamis (23/9/2021).

Sapii menyebut tiap hari petugas mengambil sampah yang tersaring di saringan tersebut. Kemudian mengumpulkan pada dermaga apung atau ponton untuk disimpan sementara waktu.

Setelah itu, tiap tiga hari sekali, sampah yang menumpuk di dermaga apung atau ponton diangkut ke darat. Siklus tersebut rutin dilakukan oleh petugas karena sampah masih ada di kali.

"Ya, namanya kali, dalam hitungan detik, sampah sudah ada lagi," katanya.

Sebelumnya, seorang warga bernama Rafif Rizqullah melaporkan keberadaan sampah ini via Pasangmata detikcom. Dia menilai sampah ini perlu diangkut untuk #cegahbanjir

"Saya melihat pelampung itu menghambat sampah. Harapan saya, sampah segera diangkat, apalagi ini dekat kantor Kelurahan Rawa Bunga, ada petugas PPSU juga di Kelurahan. Sampah perlu diangkut supaya tidak banjir, apalagi ini sudah sering hujan," kata Rafif, Selasa (21/9) sore.

Pantauan detikcom di lokasi pukul 10.30 WIB, Kamis (23/9/2021), sampah tersebut menumpuk di kali seberang kantor Kelurahan Rawa Bunga, Jl Jatinegara Timur IV, dan persimpangan Gang Kober.

Sampah-sampah tersebut menumpuk akibat tersaring di papan penyekat sampah. Papan berwarna biru dan abu-abu tersebut memang berada tepat di tengah kali.

(aik/aik)