Jadi Tersangka KPK, di Mana Azis Syamsuddin?

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 15:01 WIB
Jakarta -

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Wakil Ketua Komisi DPR RI Azis Syamsuddin sebagai tersangka. Di mana Azis Syamsuddin yang belakangan ini jarang muncul di hadapan publik?

Nama Azis Syamsuddin muncul dalam surat dakwaan mantan penyidik KPK AKP Stepanus Robin Pattuju. Salah satunya disebutkan bahwa Azis Syamsuddin meminta tolong kepada Robin untuk mengurus kasus yang melibatkannya dan Aliza Gunado terkait penyelidikan KPK di Lampung Tengah.

Jaksa KPK dalam surat dakwaan itu menyebutkan Azis Syamsuddin dan Aliza Gunado memberikan Rp 3.099.887.000 dan USD 36.000 kepada AKP Robin dan seorang rekannya sebagai pengacara atas nama Maskur Husain. Maskur juga sedang diadili dalam perkara tersebut.

Informasi yang didapat detikcom dari sumber internal di KPK menyebutkan Azis Syamsuddin telah berstatus tersangka. Saat detikcom menanyakan hal ini, Ketua KPK Firli Bahuri memastikan informasi tersebut.

"Pada saatnya, akan kami sampaikan kepada publik," ucap Firli kepada detikcom, Kamis (23/9/2021).

Sebelumnya, Firli mengatakan kedatangan Azis Syamsuddin pada Jumat, 24 September 2021, dinantikan penyidik. Dia berharap Azis Syamsuddin tidak mangkir.

"Ya, tentu penyidik menyampaikan panggilan karena kepentingan penyidikan sehingga terangnya suatu perkara," kata Firli.

"Kita berharap, setiap orang yang dipanggil akan memenuhi panggilan sebagai wujud penghormatan atas tegak dan tertibnya hukum dan keadilan. Kita tidak boleh menunda keadilan karena menunda keadilan adalah juga ketidakadilan," imbuhnya.

Mengenai kabar terkini Azis Syamsuddin, detikcom sudah menghubungi Ketua Badan Advokasi Hukum dan HAM DPP Partai Golkar Supriansa. Namun Supriansa belum merespons pesan singkat soal Azis Syamsuddin.

Pekan lalu, Ketua DPP Golkar Adies Kadir mengatakan kabar terakhir Azis Syamsuddin kini sedang menjalani isolasi mandiri. Azis dikabarkan positif COVID-19.

"Terkait dengan kolega saya saat ini memang sedang melakukan isolasi. Setahu saya, menurut info yang kami dengar, sedang melakukan isolasi mandiri," ujar Adies di kompleks parlemen, Selasa (14/9).

"Jadi terkait dengan hal yang lainnya tentunya kita akan melihat perkembangan belum ada, jadi kita menghormatilah hak-haknya beliau yang tentunya sama di mata hukum," katanya.

(rfs/gbr)