PPSDM Migas Sudah Latih 12.315 Orang, Lampaui Target 7.577 Orang

Nurcholis Maarif - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 11:52 WIB
PPSDM MIGAS
Foto: PPSDM MIGAS
Jakarta -

Pusat Pengembangan Sumber Daya Manusia Minyak dan Gas Bumi (PPSDM Migas) Kementerian ESDM mencatat jumlah peserta pelatihan yang dikirim ke instansinya melampaui target yang ditetapkan. Dari target 7.577 orang selama setahun, jumlah peserta yang sudah mendapatkan pelatihan hingga minggu ke-2 September sudah mencapai 12.315 orang.

Sub Koordinator Penyelenggaraan Pengembangan SDM PPSDM Migas, Suntoro menjelaskan untuk catch up perkembangan technology terbaru di kala pandemi, PPSDM Migas melakukan pelatihan secara online.

"Iya pelatihan dilakukan secara online baik itu melalui Zoom Meeting atau Ms Teams sehingga sangat mudah ya dan dapat menjangkau tempat-tempat di seluruh pelosok Indonesia. Apalagi selama pandemi pergerakan kita sangat terbatas dan memang dibatasi untuk mencegah penyebaran COVID-19," ungkapnya dalam keterangan tertulis, Kamis (23/9/2021).

Ia menambahkan mudahnya pelayanan dan berkualitasnya pelatihan menjadikan customer terus kembali mengirim pekerjanya untuk dilatih di PPSDM Migas. Pihaknya mencatat adanya peningkatan jumlah peserta sampai minggu ke-2 bulan September 2021 ini.

"Kepercayaan pelanggan meningkat meskipun di era pandemi. Bahkan untuk minggu ke-2 bulan September 2021 saja kita telah melatih 535 orang dengan rincian peserta dari Industri sebanyak 497 dan peserta dari internal PPSDM Migas sejumlah 38 pegawai dalam kurun waktu seminggu saja," ujarnya.

Ia mengungkapkan target peserta pelatihan sudah terlampaui sampai bulan September, yaitu mencapai 12.315. Padahal target awal di tahun ini sebanyak 7.577 orang.

"Capaian peserta pelatihan sampai bulan ini saja telah terlampaui. Target awal di tahun ini sejumlah 7.577 orang dan jumlah peserta sampai bulan ke-2 September ini telah mencapai 12.315 orang yang berasal dari pelatihan industri, pegawai PPSDM Migas, ASN dari Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) dan ASN untuk program Badan Layanan Umum," ujarnya.

Menurut Suntoro, tercapainya target pelatihan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak. Adanya sinergisitas antara pengajar baik itu widyaiswara dan instruktur, dukungan top management PPSDM Migas yang terus memberikan perbaikan dan peningkatan layanan salah satunya adalah jaringan internet yang mumpuni selama proses pelatihan daring dilaksanakan.

Simak juga 'Ekspor Non Migas Maret 2021 Tertinggi Sepanjang Sejarah RI':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)