1.724 Operator SPBU di Jawa Telah Tersertifikasi di LSP PPSDM Migas

Eqqi Syahputra - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 11:38 WIB
PPSDM Migas
Foto: PPSDM Migas
Jakarta -

BPH Migas dan Pusat Pengembangan Sumber Daya (PPSDM) Migas memberikan pelatihan kepada operator SPBU di 5 tempat berbeda di pulau Jawa yang dimulai pada Rabu (15/9). Adapun jumlah peserta pada minggu ini 164 yang tersebar di Semarang Raya, Lamongan, Kediri, Madiun dan Probolinggo sehingga total peserta yang telah mengikuti pelatihan dan tersertifikasi adalah 1.724 orang.

Widyaiswara Madya sekaligus pengajar pada pelatihan ini, M. Hasan Syukur, menjelaskan operator SPBU memiliki uraian pekerjaan dan tugas yang harus dikuasai. Pelatihan selama dua hari ini juga mempunyai tujuan agar peserta dapat mengikuti sertifikasi Operator SPBU yang dilaksanakan setelah pelatihan berakhir.

"Dalam pelatihan ini, peserta akan dijelaskan mengenai materi yang berhubungan dengan prosedur Keselamatan kesehatan Kerja dan lindungan lingkungan dalam tugas dan pekerjaan. Selain itu ada juga SOP yang harus dilaksanakan dalam melayani pelanggan. Tak hanya itu, seorang operator juga harus mampu mengendalikan mutu dan jumlah BBM yang ada di SPBU," ungkap Hasan dalam keterangan tertulis, Jumat (17/9/2021).

Hasan menambahkan, pengoperasian peralatan juga wajib diketahui oleh peserta dan juga cara perawatan peralatan. Ia juga berharap dengan banyaknya operator SPBU yang telah mengikuti pelatihan dan tersertifikasi di LSP PPSDM Migas maka dapat menghindari kecelakaan yang terjadi di SPBU.

"Hal-hal yang wajib diketahui oleh operator dan tak kalah pentingnya adalah mampu melaksanakan komunikasi di tempat kerja dengan atasan, bawahan, rekan kerja dan pelanggan sehingga tercipta ketertiban, keamanan dan kenyamanan di lingkungan pekerjaannya," pungkas Hasan.

Diketahui, pelatihan ini bertujuan agar setiap tenaga kerja di bidang terkait memiliki pemenuhan kompetensi SDM sektor migas serta panas bumi. Sertifikasi ini juga diharapkan dapat menjadi acuan pengembangan Pendidikan dan Pelatihan Berbasis Kompetensi dalam rangka meningkatkan daya saing tenaga kerja di pasar kerja nasional, regional dan internasional di sektor industri minyak dan gas bumi serta serta panas bumi.

Untuk itu, unit kompetensi yang harus dilakukan uji kompetensi guna memenuhi kompetensi adalah pada jabatan operator SPBU untuk memastikan dan memelihara kompetensi kerja pada jabatan Operator SPBU serta sebagai acuan bagi LSP PPSDM MIGAS dan Asesor dalam rangka pelaksanaan sertifikasi kompetensi.

(akn/ega)