PKS DKI: Tudingan Giring soal Anies Pembohong Bisa Dipidanakan

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 11:26 WIB
Plt Ketum PSI Giring Ganesha berkunjung ke Kantor DPW PSI Jabar di Bandung. Di sana ia bicara terkait rencananya maju dalam kontestasi Pilpres tahun 2024.
Plt Ketum PSI Giring Ganesha (Wisma Putra/detikcom)

Penjelasan PSI

PSI menegaskan pernyataan Giring dalam video yang viral pekan ini bukan penyebaran kebencian. PSI meyakini apa yang disampaikan Giring merupakan kebenaran.

"Bro Giring menyampaikan fakta-fakta kepada publik terkait kebohongan Gubernur Anies terhadap rakyatnya. Ini sangat jelas bukan penyebaran kebencian, melainkan pengungkapan kebenaran. Juga merupakan pendidikan politik kepada rakyat agar benar-benar cermat dalam memilih pemimpin," kata juru bicara DPP PSI, Nanang Priyo Utomo, dalam keterangannya, Kamis (23/9/2021).

Nanang mengatakan Anies sebagai Gubernur DKI Jakarta memperlihatkan inkonsistensi antara pernyataan dan perbuatan. Uang Formula E dinilai perlu dipakai untuk penanganan pandemi.

"Beliau mengatakan peduli dengan pandemi, tetapi ada anggaran yang dialokasikan untuk Formula E hampir Rp 1 triliun. Kalau benar-benar peduli, uang sebanyak itu ya dipakai untuk penanganan pandemi dan membantu rakyat yang terdampak," ujar Nanang.

Pernyataan Giring juga dinilai memperjelas langkah Fraksi PSI di DPRD DKI Jakarta yang mengusulkan hak interpelasi terkait Formula E. Apa yang dibicarakan Giring, menurut Nanang, merupakan dukungan DPP PSI terhadap PSI DKI Jakarta.

"Antara interpelasi dan pernyataan Bro Giring saling berkaitan dan selaras. Pernyataan Bro Giring justru menggarisbawahi dan mendukung langkah kawan-kawan di DPRD yang mengajukan interpelasi," ucapnya.


(idn/idn)