Alex Noerdin Tersangka Korupsi Masjid Sriwijaya, Ini Kata Gubernur Sumsel

Prima Syahbana - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 11:17 WIB
Palembang -

Mantan Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Alex Noerdin ditetapkan tersangka kasus dugaan korupsi pembangunan Masjid Sriwijaya, Palembang. Gubernur Sumsel Herman Deru tidak banyak bicara terkait kasus pembangunan rumah ibadah tersebut dan menyerahkan sepenuhnya ke Kejati Sumsel.

"Saya prihatin nanti salah, kan nggak mungkin kalau saya kesenengan (girang). Yang jelas, saya tidak berkomentar, karena ini berkaitan dengan rumah ibadah," kata Herman Deru saat ditemui detikcom di Mapolda Sumsel, Kamis (23/9/2021).

Saat disinggung terkait kelanjutan pembangunan Masjid Sriwijaya yang mangkrak tersebut, Herman Deru dengan tegas menyampaikan bahwa sepenuhnya ia serahkan ke pihak Kejati Sumsel.

"Tanyakan dengan Pak Kajati (soal kelanjutan pembangunan Masjid Sriwijaya)," jelas Deru.

Sebelumnya, Herman Deru sempat angkat bicara dalam penetapan status Alex Noerdin sebagai tersangka dugaan korupsi pembelian gas bumi di Perusahaan Daerah Pertambangan dan Energi (PDPDE) Sumatera Selatan (Sumsel) tahun 2010-2019.

"Saya prihatin, karena aku secara pribadi nggak ada masalah dengan Pak Alex," kata Herman Deru di Palembang, Jumat (17/9).

Hubungannya dengan Alex Noerdin, kata Deru, memang terjalin baik sejak sekitar 1994. Secara pribadi, menurutnya, dia tidak ada masalah dengan Alex Noerdin. Termasuk dalam pilkada, yang pernah mempertemukan keduanya.

"Aku berhubungan baik dengan Alex. Bahkan sejak dia jadi Ketua Bappeda di Kota Palembang pada 1994. Di situlah saya kenal dengan Alex. Aku banyak dinasihatinya. Secara pribadi aku memang tak ada masalah. Gesekan waktu pilkada kemarin mungkin karena berhadapan politik," katanya.

Atas kasus yang menjerat Alex, Deru menilai ini merupakan musibah atau ujian yang diterima oleh Alex Noerdin. Bahkan ia juga mendoakan agar Alex Noerdin bisa tabah serta kuat menghadapi ujian yang diterimanya ini.

"Yang jelas, sebagai adiknya, saya mendoakan agar beliau kuat tabah menghadapi kondisi ini memberikan keterangan yang selugas-lugasnya. Mudah-mudahan beliau bisa lepas dari jerat hukum," jelas Deru.

(jbr/jbr)