Intensitas Hujan Tinggi, 1 Kecamatan di Luwu Sulsel Terendam Banjir

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 11:13 WIB
Ilustrasi hujan lebat
Ilustrasi hujan (iStock/Willowpix)
Luwu -

Hujan deras dengan intensitas tinggi mengakibatkan wilayah Kecamatan Walenrang, Luwu, Sulsel, banjir. Beberapa desa dikabarkan sulit dijangkau akibat banjir setinggi 2 meter ini.

"Kejadian banjir di Walenrang Utara akibat curah hujan yang tinggi," kata Kabid Kebencanaan BPBD Sulsel, Andi Wahid, saat dimintai konfirmasi, Kamis (23/9/2021).

Banjir mulai muncul pada Rabu (22/9) malam, sekitar pukul 20.00 Wita. Berdasarkan informasi dari pemerintah setempat, tinggi air mencapai 1-2 meter.

"Setelah menerima laporan tim TRC BPBD LUWU yang dipimpin langsung oleh sekretaris BPBD, Kabid kedaruratan dan logistik memantau langsung ke lokasi tetapi karena kondisi hujan yang masih berlangsung sehingga menghambat dalam melakukan asesmen kaji cepat dan kecamatan tersebut memiliki beberapa desa yang sulit dijangkau dengan kondisi debit air yang tinggi," terangnya.

Lebih lanjut, pihaknya saat ini masih melakukan pendataan soal kerusakan dan jumlah pengungsi atas kejadian ini.

"Hingga saat ini, korban jiwa masih nihil dan taksiran kerugian masih dilakukan pendataan," terangnya.

Dalam video yang beredar, terlihat air masuk ke rumah warga dan hujan turun sangat deras. Tidak hanya itu, kendaraan juga terlihat tenggelam dan warga mengungsi ke lantai dua rumah mereka untuk menyelamatkan diri.

Simak video 'Peringatan BMKG: Beberapa Wilayah Berpotensi Hujan Lebat Hari Ini':

[Gambas:Video 20detik]

(tfq/nvl)