Banjir di Wajo Sulsel Belum Surut, 48 Desa Masih Terendam

Muhammad Taufiqqurrahman - detikNews
Rabu, 15 Sep 2021 11:46 WIB
Banjir di Kabupaten Wajo, Sulsel meluas ke 48 desa di 6 kecamatan. Banjir menyebkan 10 ribu lebih rumah warga terdampak. (Zulkipli Natsir/detikcom)
Foto: Banjir di Kabupaten Wajo, Sulsel meluas ke 48 desa di 6 kecamatan. (Zulkipli Natsir/detikcom)
Wajo -

Hujan deras mengguyur wilayah Kabupaten Wajo yang berimbas pada terendamnya 48 desa di 6 kecamatan di sana. Warga yang mengungsi hampir mencapai seratusan orang dan yang terdampak akibat banjir sekitar puluhan ribu orang.

"Iya di sana masih Banjir sampai saat ini. Banjir telah mulai ada sejak beberapa yang lalu di sana," kata Kepala Bidang Kebencanaan BPBD Sulsel, Andi Wahid saat dikonfirmasi detikcom, Rabu (15/9/2021).

Dia menyebut hujan sempat berhenti saat kedatangan Presiden Jokowi. Namun setelahnya, hujan terus menerus turun hingga merendam puluhan desa yang ada di sana. "Daerah cakupan bencana ada di 6 kecamatan atau di 48 desa yang ada di Wajo," sebutnya.

Penyebab bencana ini disebabkan adanya intensitas hujan yang tinggi yang mengakibatkan Danau Tempe, Sungai Bila, dan Sungai Walanae meluap karena tidak dapat menampung debit air.

"Sungai Cendranae dan beberapa anak sungai lainnya tidak bisa menampung debit air. Ditambah juga tingginya debit kiriman air dari kabupaten tetangga," terangnya.

Saat ini, terdapat 23 KK yang mengungsi dan kesemuanya ditampung di beberapa lokasi berbeda di Wajo.Tidak hanya itu, Andi Wahid menyebut ada 34.228 jiwa yang terdampak akibat bencana ini. Banjir ini juga membuat kerusakan pada beberapa bangunan warga dan fasilitas umum.

"Ada 2 unit rumah rusak atau hanyut di Desa Inalipue dan 10.650 unit rumah yang terdampak, ribuan hektar sawah dan kebun juga terendam," kata dia.

(tfq/nvl)