Jadi Tersangka TPPU, Ini Daftar Kasus yang Menjerat Irjen Napoleon

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 09:26 WIB
Irjen Napoleon Bonaparte mendatangi Pengadilan Tipikor, Jakarta. Kedatangannya untuk menjadi saksi di sidang Tommy Sumardi terkait perkara suap Djoko Tjandra.
Irjen Napoleon Bonaparte (Ari Saputra/detikcom)

Tersangka Pencucian Uang di Kasus Red Notice

Dittipidkor Bareskrim Polri menetapkan Irjen Napoleon sebagai tersangka atas dugaan melakukan tindak pidana pencucian uang (TPPU) hasil suap penghapusan red notice Djoko Tjandra. Berdasarkan informasi yang beredar, penyidik telah menemukan aliran dana senilai Rp 2 miliar dari suap penghapusan red notice Djoko Tjandra.

"Laporan hasil gelarnya demikian," kata Kabareskrim Komjen Agus Andrianto saat dimintai konfirmasi, Rabu (22/9/2021).

Penelusuran penyidik Bareskrim ini awalnya diungkap di persidangan, Senin (28/12/2020) lalu. Kala itu saksi dari Bareskrim Polri menyebut penyidik sedang menelusuri dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) yang dilakukan oleh mantan Kadivhubinter Polri itu.

Hal itu diungkap oleh salah satu penyidik yang memeriksa perkara red notice Joko Soegiarto alias Djoko Tjandra, Kombes Totok Suharyanto. Kombes Totok mengungkapkan penyidik Bareskrim sedang menelusuri dugaan TPPU yang dilakukan Napoleon.

"Apakah ditemukan bukti transaksi dari Tommy Sumardi atau pihak lain yang berkaitan dengan diri Terdakwa Irjen Napoleon?" tanya pengacara Napoleon ke Kombes Totok.

Totok tidak menjawab secara gamblang pertanyaan pengacara Napoleon. Namun dia menyebut saat ini penyidik sedang menelusuri dugaan TPPU di perkara Napoleon.

"Begini, Pak Pengacara, yang kita telusuri waktu itu berkaitan dengan, mohon maaf ini Pak Hakim, Yang Mulia, itu Pasal 5, Pasal 11, Pasal 12, sama Pasal 13. Berkaitan dengan yang Bapak tanyakan, itu sedang ditelusuri TPPU-nya oleh penyelidik berikutnya. Karena menyangkut substansi, berbeda pasal," kata Kombes Totok.


(idn/fjp)