Round-Up

Perintah Jokowi Agar Polisi Tak Ragu Hajar Beking Mafia Tanah

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 23 Sep 2021 08:10 WIB

Jokowi memahami sengketa tanah ini merupakan tantangan berat yang dihadapi masyarakat. Bahkan, kata Jokowi, sebagian orang rela datang ke Jakarta untuk memperjuangkan lahan mereka.

"Hari ini bertepatan dengan Hari Agraria dan Tata Ruang, tahun 2021 saya akan menyerahkan 124.120 sertifikat tanah hasil redistribusi di 26 provinsi dan 127 kabupaten/kota. 5.512 di antaranya merupakan hasil penyelesaian konflik agraria di 7 provinsi dan 8 kabupaten/kota yang menjadi prioritas di tahun 2021," ujar Jokowi.

Jokowi mengatakan penyerahan sertifikat ini sangat istimewa. Jokowi mengatakan sertifikat ini tambahan tanah baru bagi rakyat.

"Ini adalah tanah yang fresh betul, yang berasal dari tanah negara, penyelesaian konflik tanah telantar dan pelepasan kawasan hutan," ujar Jokowi.

Barulah kemudian Jokowi menegaskan komitmen soal pemberantasan mafia tanah. Jokowi memerintahkan Polri tegas menindak mafia tanah.

"Saya juga kembali mengingatkan bahwa pemerintah berkomitmen penuh dalam memberantas mafia-mafia tanah. Kepada jajaran Polri, saya minta jangan ragu-ragu mengusut mafia-mafia tanah yang ada. Jangan sampai juga ada aparat penegak hukum yang membekingi mafia tanah tersebut, perjuangkan hak masyarakat dan tegakkan hukum secara tegas," tegas Jokowi.