Blak-blakan Dino Patti Djalal

Dino: Pak Jokowi Beri Perhatian Khusus Kasus Mafia Tanah

Deden Gunawan - detikNews
Rabu, 17 Feb 2021 09:47 WIB
Dino Patti Djalal
Dino Patti Djalal (Foto: Tangkapan layar instagram)
Jakarta -

Sudah lebih sepekan Dino Patti Djalal bersuara melalui media sosial soal mafia tanah yang merampas rumah milik ibunya, Zurni Hasyim Djalal. Isu tersebut kini sudah menasional dan mendapat respons dari pejabat terkait, termasuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Saya sangat berterima kasih kepada Bapak Presiden Jokowi yang kabarnya telah memberikan perhatian khusus terhadap kasus ini (mafia tanah)," kata Dino dalam Blak-blakan yang tayang di detikcom, Rabu (17/2/2021).

Dalam sepekan terakhir, dia melanjutkan, polisi bergerak cepat untuk menangani kasus mafia tanah yang mengganggu keluarganya. Sejumlah tersangka di level pelaksana lapangan telah ditangkap. Polda Metro Jaya kemarin mengumumkan sudah membentuk tim khusus (timsus) untuk mengusut sindikat mafia tanah. "Polda Metro Jaya juga melibatkan tim satgas mafia tanah dan BPN pusat," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus.

Polda Metro Jaya telah menerima tiga laporan polisi dari keluarga Dino Patti Djalal, pada April 2020, November 2020, dan Januari 2021. Dino menyebut sang ibu, Zurni Hasyim Djalal, punya banyak rumah karena sejak 30-40 tahun lalu berbisnis di bidang properti.

"Nama ibu saya terkenal di daerah Kemang, Jakarta Selatan, karena beliau dulu sering membeli rumah di daerah itu kemudian direnovasi untuk dijual kembali," terang Dino.

Namun ini belakangan mafia tanah mengincar aset-aset properti yang dimiliki ibunya. Setidaknya menurut Dino, ada tiga properti yang dijarah para mafia tanah tersebut, yakni di Pondok Indang, Kemang, dan Cilandak.


Sindikat mafia tanah punya sistem yang rapi dan terstruktur. Ada aktor yang merencanakan, ada yang pura-pura jadi pembeli, menjadi broker, menyiapkan KTP palsu, hingga penyandang dana. Dalam kasus mafia tanah yang menyerobot rumah milik keluarganya, Dino menuding Fredy Kusnadi sebagai dedengkotnya. Namun kata Dino, ada pihak lain di atas Fredy sebagai founder-nya.

"Kalau dalam struktur di militer posisi Freddy ini seperti kolonel. Masih ada jenderal di atas Freddy sebagai otak sekaligus pemodalnya. Orang ini harusnya bisa ditindak. Kalau hanya kroconya yang ditangkap bos mafia tanah akan berulah lagi dengan orang-orang yang berbeda," tegas Dino.

Tonton video 'Dino Patti Djalal Blak-blakan Sebut Fredy Mafia Kelas Kolonel':

[Gambas:Video 20detik]



(ddg/jat)