Makassar PPKM Level 2, Warteg-PKL Bisa Sampai Pukul 22.00 Wita

Ibnu Munsir - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 19:45 WIB
PPKM level 4 akan berakhir hari ini. Begini suasana kawasan bundaran Hotel Indonesia, Pasar Mete, dan Warteg di Jakarta.
Ilustrasi warteg (Grandyos Zafna/detikcom)
Makassar -

Kota Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), telah turun status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) ke level 2. Rumah makan hingga restoran mendapat penambahan jam operasional sejam lebih lama.

"Kalau secara jam operasional ada relaksasi tambahan jam operasional, kecuali mal," kata Wali Kota Makassar Ramadhan 'Danny' Pomanto, Rabu (22/9/2021).

Danny mengatakan kebijakan itu telah disesuaikan dengan Instruksi Mendagri tentang aturan-aturan yang tertuang di daerah yang menerapkan PPKM level 2.

Danny menjelaskan Makassar yang berada di PPKM Level 2 bisa menjadi momen kebangkitan ekonomi. Namun dia mengingatkan agar protokol kesehatan (prokes) ketat terus diberlakukan.

"Ada kelonggaran, tapi prokes tidak boleh ditawar. Contoh ada soal kapasitas 50%, ada 75% asalkan sesuai dengan prokes ketat," jelasnya.

Danny juga terus melakukan upaya vaksinasi massal bagi seluruh masyarakat Makassar. Vaksinasi COVID-19 disuntikkan untuk membentuk kekebalan komunitas (herd immunity).

"Bagaimana kesempatan ini kami ambil, memasifkan vaksinasi agar membentuk herd immunity. Agar bagaimana 1,1 juta orang bisa tervaksinasi dengan lengkap dan kami launching program 100 RT 1 hari dan 100%. Kami memperkuat kelembagaan juga," terangnya.

Aturan-aturan itu tertuang dalam surat edaran Wali Kota Makassar, Nomor 443.001/476S.Edar/Kesbangpol/IX/2021 tentang Perpanjangan pembatasan kegiatan masyarakat pada masa COVID-19.

Dalam edaran ini, jam operasional warung makan, warteg, dan pedagang kaki lima (PKL) dibatasi hingga pukul 22.00 Wita. Sedangkan restoran dan kafe bisa beroperasi hingga 21.00 Wita.

Durasi pesta pernikahan dan hajatan juga diperbolehkan mulai pukul 10.00 hingga 20.00 Wita.

Sementara itu, jam operasional pusat perbelanjaan, mal, dan pusat perdagangan tak mengalami perubahan, yakni sampai pukul 20.00 Wita.

(jbr/jbr)