Bertemu Bupati Wajo, Ketua DPD Bahas Revitalisasi Masjid Tua Tosora

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 19:13 WIB
DPD RI
Foto: Dok. DPD RI
Jakarta -

Ketua DPD RI, AA LaNyalla Mahmud Mattalitti menerima kunjungan Bupati Wajo, Amran Mahmud di ruang kerjanya hari ini. Di kesempatan tersebut, keduanya membahas soal revitalisasi pembangunan Masjid Tua Tosora di Kecamatan Majauleng, Kabupaten Wajo, Sulawesi Selatan.

Sebelumnya, LaNyalla juga telah menyatakan kesiapannya mengawal program tersebut. Hal ini disampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Wajo beberapa waktu lalu.

"Kita akan sampaikan rencana dari Pemkab Wajo ke Kementerian terkait. Kita akan mengawalnya agar menjadi prioritas, terutama mengenai alokasi anggaran," kata LaNyalla dalam keterangan tertulis, Rabu (22/9/2021).

Sementara itu, Amran menjelaskan dirinya datang untuk mengomunikasikan dan melaporkan rencana revitalisasi tersebut.

"Kami datang untuk menyerahkan permohonan bantuan infrastruktur dan akses menuju situs budaya Tosora," katanya.

Amran menjelaskan rencananya pemerintah daerah akan memperbaiki akses jalan menuju situs Masjid Tua Tosora. Ia pun berharap dengan diperbaikinya akses jalan membuat pariwisata di Tosora menjadi berkembang, termasuk kawasan wisata religi.

Selain sebagai destinasi wisata religi, revitalisasi Masjid Tua Tosora juga diharapkan dapat menjadi tempat belajar generasi muda mendalami sejarah tentang Wajo.

"Dalam perencanaannya Pemkab akan melakukan pembenahan bangunan untuk melindungi situs Masjid Tua Tosora dan pembangunan akses jalan kurang lebih sekitar 20 kilometer dari kota ke lokasi situs. Semoga tahun 2022 akan bisa terealisasi," jelasnya.

Sebagai informasi, dalam pertemuan tersebut Amran turut didampingi Kepala Dinas PUPR Kabupaten Wajo Andi Paneneri. Sementara LaNyalla didampingi Senator asal Lampung Bustami Zainudin.

(akn/ega)