Tanggal 22 September Memperingati Hari Apa? Cek Penjelasannya di Sini

Salma Rafifa Aprillya - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 15:50 WIB
Tanggal 22 September Memperingati Hari Apa? Simak Penjelasannya di Sini
Tanggal 22 September Memperingati Hari Apa? Simak Penjelasannya di Sini (Foto: detikcom/Dikhy Sasra)
Jakarta -

Tanggal 22 September memperingati hari apa? Hari ini adalah peringatan World Car Free Day atau Hari Bebas Kendaraan Bermotor. Simak penjelasannya di bawah ini.

Dikutip dari situs UN Environment Programme (UNEP), World Car Free Day ini merupakan salah satu momen besar untuk mengurangi polusi udara di bumi. Di hari ini diharapkan bisa mendorong masyarakat dunia untuk tidak menggunakan kendaraan bermotor pribadi selama 24 jam. Selain itu, para pejalan kaki dan pesepeda bisa melakukan aktivitasnya di jalan yang lebih aman tanpa dilalui kendaraan bermotor pribadi.

Tanggal 22 September Memperingati Hari Apa: Sejarah Singkat World Car Free Day

Pertanyaan tanggal 22 September memperingati hari apa sudah terjawab, yaitu World Car Free Day. Car Free Day telah diselenggarakan sejak 1970-an saat terjadinya krisis minyak. Selain itu, hari bebas kendaraan sudah beberapa kali diselenggarakan di kota-kota Eropa selama awal 1990-an.

Setelah itu, Hari Bebas Kendaraan Bermotor Internasional atau World Car Free Day mulai diselenggarakan pada 1999. World Car Free Day tersebut awalnya ditujukan sebagai kampanye Uni Eropa yang bertajuk 'In Town Without My Car'.

Lalu pada tahun 2000, World Car Free Network mengeluarkan seruan terbuka untuk memperingati World Car Free Day. Tanggal 22 September dipilih karena bertepatan dengan kegiatan Mobility Week di kota-kota Eropa. Sejak saat itu, tanggal 22 September diperingati sebagai World Car Free Day.

Apa Manfaat World Car Free Day?

World Car Free Day adalah kesempatan yang besar bagi masyarakat dunia untuk menyadari seberapa besar polusi mempengaruhi kehidupan sehari-hari. World Car Free Day memberi kesempatan kepada masyarakat dunia untuk bagaimana melihat, merasakan dan mendengarkan suasana kota tanpa kendaraan bermotor.

Dilansir dari situs resmi PBB, berdasarkan data World Health Organization (WHO), gas emisi kendaraan adalah salah satu sumber utama polusi udara, terutama di kota-kota besar. Gas emisi kendaraan juga menjadi penyumbang terbesar terhadap perubahan iklim. Selain itu pada World Car Free Day ini juga memprioritaskan para pejalan kaki dan pesepeda di kota-kota besar.

Pertanyaan tanggal 22 September memperingati hari apa sudah terjawab. Simak penjelasan berikutnya soal peringatan World Car Free Day di berbagai negara