Pemerintah Diminta Ambil Sikap soal AUKUS, Jangan Cuma Bilang Khawatir

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 14:46 WIB
Gedung DPR
Gedung DPR RI (Andhika Prasetia/detikcom)

Respons Wamenlu soal Desakan Komisi I DPR

Wakil Menteri Luar Negeri Mahendra Siregar memberikan penjelasan mengenai kondisi kerja sama AUKUS di laut China Selatan. Mahendra menyatakan pemerintah Indonesia juga memandang kerja sama AUKUS tersebut memang berdampak pada stabilitas dan perdamaian di kawasan.

"Tanggapan pemerintah Indonesia sudah jelas, sudah disampaikan dan dikomunikasikan bahwa kita khawatir dengan langkah tadi, yang juga tentu dampaknya kepada stabilitas dan perdamaian di kawasan," ungkap Mahendra.

Tak hanya itu, Mahendra menyebut kerja sama AUKUS ini dapat memicu kompetisi atau perlombaan senjata di kawasan Laut China Selatan. Karena itulah, dia memastikan Indonesia sudah secara tegas menyampaikan sikap kepada kubu Australia.

"Karena memang ini dalam konteks itu, dan juga kekhawatiran terkait memicu kompetisi atau perlombaan senjata dan langkah lain yang dapat mengganggu stabilitas dan perdamaian di kawasan. Posisi kita yang tegas itu disampaikan secara publik maupun dalam komunikasi dengan pihak Australia," imbuhnya.

Mahendra Siregar, wamenlu, wakil menteri luar negeriMahendra Siregar, Wakil Menteri Luar Negeri (Andhika Prasetia/detikcom)

Dia menyampaikan sebetulnya Indonesia berharap adanya kejelasan posisi ASEAN berkaitan dengan kerja sama AUKUS tersebut. Namun dia menyebut setiap negara masih memerlukan waktu untuk merespons hal itu.

"Kita harap ada posisi yang jelas dari ASEAN namun tadi bahwa proses di masing- masing negara masih memerlukan waktu, kita di lain pihak tidak menunggu hal-hal tadi karena posisi kita untuk kepentingan nasional dan kawasan sangat jelas," sebutnya.


(maa/tor)