KPK Kantongi Kesaksian Anies soal Modal Rumah DP Rp 0 di Kasus Korupsi Lahan

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Rabu, 22 Sep 2021 09:47 WIB
Anies Baswedan Diperiksa KPK, Ini Duduk Perkara Kasus Lahan DKI
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di KPK (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dicecar penyidik KPK perihal penyertaan modal bagi Sarana Jaya. Salah satunya disebut digunakan untuk pembangunan rumah DP Rp 0.

"Dikonfirmasi secara umum antara lain terkait dengan proses usulan anggaran untuk dilakukannya penyertaan modal APBD DKI Jakarta kepada Perumda Sarana Jaya. Di samping juga soal mekanisme pelaporan atas dilakukannya penyertaan modal tersebut," ucap Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangannya, Rabu (22/9/2021).

"Selain itu, saksi menerangkan mengenai salah satu penyertaan modal kepada Perumda Sarana Jaya yang diperuntukkan bagi pembangunan rumah DP Rp 0," imbuhnya.

Anies sendiri menjalani pemeriksaan sebagai saksi pada Selasa, 21 September kemarin. Selain Anies, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi diperiksa KPK sebagai saksi.

"Dikonfirmasi pada pokoknya antara lain terkait dengan bagaimana proses penganggaran oleh Banggar di DPRD DKI Jakarta yang diusulkan oleh Pemprov DKI Jakarta yang salah satunya digunakan untuk penyertaan modal ke Perumda Sarana Jaya," sebut Ali soal materi pemeriksaan untuk Prasetio.

Anies sendiri kemarin mengaku menjelaskan tentang program pengadaan rumah ke KPK. Perkara ini sendiri berkaitan dengan dugaan korupsi dalam pengadaan lahan di Munjul, Pondok Ranggon, Jakarta Timur.

"Ada delapan pertanyaan yang terkait dengan program pengadaan rumah di Jakarta," ucap Anies setelah menjalani pemeriksaan di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa (21/9/2021).

"Pertanyaan menyangkut landasan program dan seputar peraturan-peraturan yang ada di Jakarta," imbuhnya.

Simak video 'Diperiksa KPK di Kasus Lahan Munjul, Anies Bicara Program Rumah di DKI':

[Gambas:Video 20detik]