Penambahan Jalur Sepeda di DKI Terkendala Refocusing Anggaran

Tiara Aliya - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 18:42 WIB
Pesepeda keluar jalur di Jalan Sudirman-Thamrin Jakpus, Minggu (20/6)
Jalur sepeda di DKI Jakarta (Annisa Rizky/detikcom)
Jakarta -

Pemprov DKI Jakarta berencana menambah lintasan jalur sepeda di Ibu Kota sepanjang 101 kilometer pada 2021. Namun, proyek ini terkendala sejumlah hal, salah satunya terdampak refocusing anggaran.

"Kita melihat lagi anggaran di 2021 ini masih mengalami refocusing terutama untuk kegiatan yang prioritas untuk penanganan COVID-19, tentunya kita juga harus menyesuaikan ketersediaan anggaran yang ada," kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan DKI Jakarta Rudy Saptari saat dihubungi, Selasa (21/9/2021).

Selain itu, Rudy mendapati sejumlah ruas jalan yang rusak sehingga perlu diperbaiki. Nantinya, perbaikan akan dilakukan oleh Dinas Bina Marga DKI Jakarta.

"Ada bebarapa ruas jalan yang direncanakan itu secara konstruksi tidak dimungkinkan, dikarenakan kondisi jalannya, main hall-nya belum dilakukan penataan. Kemudian juga masih ada yang dilakukan perbaikan jalan oleh Dinas Bina Marga," jelasnya.

Sementara ini, Pemprov DKI akan memfokuskan pembangunan lintasan sepeda pada empat titik penataan stasiun di Jakarta. Perinciannya penataan di Stasiun Palmerah, Stasiun Gondangdia, Stasiun Manggarai, dan Stasiun Tebet.

"Kita fokuskan itu. Jadi beberapa secara konsep sudah direncanakan menunggu mana saja bisa disiapkan lajur sepedanya," terangnya.

Sebelumnya diberitakan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana menambah panjang lintasan jalur sepeda di Ibu Kota. Dia menargetkan, pada akhir 2021, Jakarta memiliki jalur sepeda sepanjang 170 km.

"Adapun jalur sepeda total saat ini ada 63 km, lalu tambahan tahun ini ada 101 km. Jadi harapannya nanti akhir tahun kita punya lebih dari 170 km jalur sepeda," kata Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (3/6).

Eks Mendikbud itu mengatakan penambahan jalur ini demi mengakomodasi minat warga untuk bersepeda, khususnya menjadikan sepeda sebagai sarana transportasi saat berangkat kerja.

(aud/aud)