Kepala BNPT Apresiasi Eks Napiter Bom Bali yang Sukses Kelola Agrowisata

Nurcholis Maarif - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 08:41 WIB
Kepala BNPT Cek UMKM di Kaltim
Foto: BNPT
Jakarta -

Kepala BNPT Boy Rafli Amar melakukan kunjungan ke anggota mitra deradikalisasi BNPT Kalimantan Timur di Wisata Agro Suka Raja. Ia mengapresiasi pengelolaan kawasan agrowisata yang diinisiasi oleh salah satu mitra deradikalisasi BNPT, Puryanto.

Puryanto merupakan para mantan narapidana terorisme (eks napiter) kasus bom Bali 1 dengan hukuman 3 tahun 8 bulan. Boy juga mengingatkan agar seluruh mitra deradikalisasi yang telah memiliki usaha berjalan, tidak melupakan tanggung jawab terhadap masyarakat untuk tetap memelihara kedamaian dan semangat bela negara.

"BNPT bangga dapat menjadi bagian dari yang dapat berkunjung ke Wisata Agro Sukaraja. Semoga kawasan agrowisata ini menjadi sarana mitra untuk melakukan hal positif, karena sebagian yang dilakukan di masa lalu merupakan reintegrasi, namun saat ini para mitra mampu menjadi bagian yang positif di masyarakat" ujar Boy dalam keterangan tertulis, Selasa (21/9/2021).

"Tentunya sebagai mitra BNPT punya peran penting di daerah masing-masing dalam menciptakan sebuah perdamaian dan kerukunan, serta menggelorakan bela negara," imbuhnya.

Tak hanya itu, mantan Kapolda Papua ini menegaskan bahwa setiap warga negara memiliki kontrak sosial untuk menjalankan kewajiban memberikan pendidikan kepada pemuda dan pada kawasan tersebut dapat didirikan Warung NKRI.

Adapun usaha mitra deradikalisasi ini meliputi pembibitan dan penanaman sawit, pemanfaatan limbah Ulin, serta Wisata Agro Suka Raja yang terdiri dari pemancingan, kolam renang, flying fox, taman bunga, edukasi anak, perkemahan dan seni budaya. Kawasan ini berdiri sejak 20 Mei 2021.

Puriyanto, pemilik kawasan ini merasa sangat senang dapat dikunjungi langsung oleh Kepala BNPT. Dalam forum tersebut, ia memohon agar BNPT dapat memudahkan pendistribusian produk furniture dari limbah Ulin.

"Senang sekali, merasa diperhatikan dan memohon kepada bapak pejabat gimana saya dimudahkan lempar barang produksi limbah Ulin kaya kursi dan furniture dari sini ke Malang, dibantu surat-suratnya" ungkap Puryanto.

Boy menyetujui hal tersebut dan menunjuk pejabat terkait untuk membantu mengeluarkan surat pendistribusian produk UMKM ini. Bahkan sebagai bentuk dukungan nyata, Boy juga membeli beberapa furniture hasil karya para mitra BNPT di Kalimantan.

Menurut Boy, forum silaturahmi mitra deradikalisasi BNPT seperti ini rutin dilaksanakan sebagai bentuk perhatian negara kepada warganya serta diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi antara BNPT dengan mitra dalam menangkal ancaman terorisme.

Tidak hanya itu, keberhasilan Puriyanto dalam mengelola usaha mitra deradikalisasi yang dapat membantu perekonomian masyarakat merupakan bukti program BNPT telah hadir dan tepat sasaran.

Selain Boy, hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Sekretaris Utama BNPT; Deputi Bidang Pencegahan, Perlindungan dan Deradikalisasi BNPT; Direktur Deradikalisasi; beserta sejumlah pejabat internal dan 7 perwakilan mitra deradikalisasi yang berdomisili di Samarinda, Kalimantan Timur.

Simak juga 'Polisi Jelaskan Peran Penting Abu Rusydan di Jamaah Islamiyah':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)