Komjen Boy Tanggapi Petisi Bubarkan BNPT yang Diinisiasi Eks Napi Teroris

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 17 Sep 2021 23:06 WIB
Boy Rafli Amar
Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar (Foto: dok. BNPT)
Jakarta -

Sebuah petisi bubarkan Badan Penanggulangan Nasional Terorisme (BNPT) muncul di laman change.org. Petisi tersebut diklaim oleh mantan narapidana terorisme (napiter).

"Bubarkan BNPT karena tidak ada kinerjanya dalam menanggulangi aksi terorisme," demikian bunyi petisi seperti dilihat di situs change.org, Jumat (17/9/2021).

Petisi tersebut muncul sejak 11 September 2021. Hingga saat ini sudah ada 51 dari target 100 orang yang menandatangani petisi tersebut.

Dalam narasinya disebutkan bahwa pembinaan terhadap para napi terorisme oleh BNPT tidak banyak memberikan pengaruh. Petisi tersebut juga menyoroti masalah anggaran BNPT.

Menanggapi petisi tersebut, Kepala BNPT Komjen Boy Rafli Amar menilai teroris dan sekutunya memang menginginkan agar BNPT bubar.

"Teroris dan sekutunya memang inginnya BNPT bubar. Negara tidak boleh kalah dengan teroris," ujar Boy saat dihubungi.

Boy kemudian menjelaskan soal anggaran tambahan yang diusulkan BNPT belum dikabulkan oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu). Bahkan anggaran BNPT yang sudah ada mengalami pemotongan untuk mendukung penanggulangan COVID-19.

"Anggaran tambahan yang diusulkan belum bisa dikabulkan oleh Kementerian Keuangan, karena justru yang pemotongan anggaran (refocusing) untuk mendukung penanggulangan COVID-19," kata Boy saat dihubungi.

"Tahun 2021 saja anggaran yang ada sudah dilakukan pemotongan sejumlah 3 kali. Info di atas umumnya misinformasi," tambahnya.

Lebih lanjut, Boy menyampaikan program deradikalisasi terus berjalan. Ia menyebut sudah lebih dari 800 eks napi teroris yang sudah menjalani program deradikalisasi BNPT.

"Berbagai program dengan pendekatan kesejahteraan kepada eks napiter sudah dilaksanakan. Sudah lebih 800 eks napiter yang mengikuti program deradikalisasi," kata Boy.

Baca di halaman selanjutnya, petisi yang diklaim dari eks napiter