Andre Rosiade Dukung Calon Ulama Sumbar Belajar ke Timur Tengah

Nurcholis Maarif - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 08:25 WIB
Para Santri yang Akan Belajar di Timur Tengah
Foto: Istimewa
Jakarta -

Anggota DPR RI asal Sumbar Andre Rosiade memberikan bantuan akomodasi untuk santri Pondok Pesantren Daarul Muwahiddin, Koto Tuo Panyalaian, Kota Padangpanjang yang akan sekolah di Timur Tengah. Bantuan diberikan melalui staf Andre di DPR RI.

"Semoga para calon ulama muda asal Sumatra Barat ini nantinya membawa pulang bekal ilmu agama yang baik dan cukup, untuk disiarkan kembali ke masyarakat," kata M Reza Ikhwan, staf Andre Rosiade di DPR RI dalam keterangan tertulis, Selasa (21/9/2021).

Ketua DPD Gerindra Sumbar itu awalnya mendapatkan informasi kalau para santri itu butuh biaya akomodasi untuk bekal menimba ilmu agama di Timur Tengah. Reza mengatakan dari Ponpes Daarul Muwahiddin sebanyak 8 santri dan 4 santri dari pondok pesantren lainnya.

"Santri ini akan menjalankan aktivitas persiapan masuk Al Azhar selama 1 tahun kemudian melanjutkan studi S1 di sana. Diproyeksikan para santri ini akan menjadi ulama muda Minangkabau," ujar Reza.

Mewakili para santri, Ustaz Jel Fathullah mengaturkan terima kasih dan apresiasi kepada Andre Rosiade yang mendukung agenda mereka. Jel Fathullah mendoakan Andre Rosiade mendapatkan balasan seperti yang dijanjikan Allah karena telah menunjukkan kepedulian kepada Sumbar, kepada calon-calon ulama muda yang akan dikirim ke Timur Tengah.

"Saya mewakili santri-santri yang ke Timur Tengah mengapresiasi pak Andre Rosiade, tokoh Sumbar yang sedang mengabdi sebagai wakil rakyat di DPR RI," kata ulama kondang Sumbar ini.

"Mudah-mudahan pak Andre Rosiade sehat selalu. Selalu energik seperti ciri khas beliau, untuk menyampaikan aspirasi masyarakat Sumbar di ibu kota," imbuhnya.

Andre Rosiade yang kebetulan sedang bertugas di luar Jakarta menyebut sangat mendukung apa yang dilakukan Ustaz Jel Fathullah dan tim. Menurutnya, mengirimkan ulama muda ke Timur Tengah adalah salah satu cara meningkatkan ilmu pendidikan agama mereka agar bisa berdakwah di Sumbar dan Indonesia dengan baik.

"Kami memberikan sedikit bantuan untuk biaya akomodasi santri dari Perguruan Islam Daarul Muwahiddin, Padangpanjang, yang akan menimba ilmu agama di Timur Tengah. Semoga semuanya bisa menjadi kebanggaan Sumbar di masa depan," kata Andre Rosiade yang juga ketua harian DPP Ikatan Keluarga Minang (IKM) ini.

Simak juga 'Pengakuan Gubernur Sumbar Terkait Lima Peminta Sumbangan':

[Gambas:Video 20detik]



(ncm/ega)