Dapat Tugas Baru dari Jokowi, Luhut Diminta Konsisten Majukan Produk Lokal

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 05:50 WIB
Wasekjen PAN Saleh Partaonan Daulay
Saleh Daulay (Dok. pribadi)

Anggota Komisi IX DPR RI itu mewanti-wanti agar tidak menggunakan produk luar negeri secara berlebihan. Sebab, hal itu akan menunjukkan sikap tidak konsisten dengan pernyataan bangga buatan Indonesia.

"Jangan nanti sudah menjadi koordinator lagi malah justru yang dipakai malah produk-produk luar negeri, itu nggak konsisten. Jadi itu yang mungkin perlu didorong atau dimotivasi Pak Luhutnya," tutur Saleh.

Lebih lanjut, Saleh berharap Luhut memberikan kerja nyata. Sehingga produk Indonesia akan menjadi sebuah kebanggaan.

"Kerja nyata untuk menggerakkan buatan Indonesia itu sebagai sebuah produk kebanggaan. Jangan malah jadi koordinator bangga gerakan Indonesia malah vaksin luar negeri, alat kesehatan luar negeri, mobil luar negeri," tuturnya.

Tambahan tugas Luhut itu dilandasi dengan Keppres Nomor 15 Tahun 2021 tentang Tim Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia itu diteken Jokowi 8 September 2021.

Saat ini Luhut juga menjabat sebagai Koordinator PPKM Jawa-Bali. Sebelumnya Luhut juga pernah ditugasi Jokowi untuk menurunkan kasus Corona di 8 provinsi.

Luhut belum lama ini juga mendapatkan tugas baru, dia ditugaskan Presiden Jokowi sebagai Ketua Dewan Pengarah Penyelamatan Danau Prioritas Nasional. Penunjukannya sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 60 Tahun 2021 yang diteken Jokowi pada 22 Juni 2021.


(lir/fas)