Round-Up

Terkuak soal 'Bapak Asuh' Azis Syamsuddin dari Sidang Eks Penyidik KPK

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 21 Sep 2021 05:00 WIB
Wakil Ketua DPR RI Azis Syamsuddin diperiksa KPK sebagai saksi terkait kasus suap yang melibatkan Walkot Tanjungbalai.
Azis Syamsuddin (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Dalam sidang kasus dugaan suap mantan penyidik KPK, AKP Stepanus Robin Pattuju, terkuak sejumlah fakta perihal Azis Syamsuddin. Ternyata, AKP Robin punya panggilan khusus buat Wakil Ketua DPR RI itu.

Namun, bukan Robin yang mengungkapkan panggilan khusus untuk Azis. Saksi bernama Agus Sunanto yang membeberkan panggilan khusus tersebut.

Agus memenuhi panggilan untuk menjadi saksi dalam sidang AKP Robin, di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta, di Jl Bungur Besar Raya, Jakpus, Senin (20/9/2021). Agus, yang diyakini sebagai rekan Robin, mengaku sering mengantar Robin ke sejumlah tempat.

"(Pernah antarkan AKP Robin) ke rumah kediaman dari bapak asuh beliau dan ke Lapas Tangerang...," kata Agus dalam persidangan.

Kesaksian Agus di atas kemudian didalami oleh jaksa penuntut umum. Jaksa penasaran dengan sosok 'bapak asuh' yang disebut Agus.

Jaksa bertanya, siapa yang dimaksud bapak asuh? Dengan gamblang Agus menjawabnya.

"(Bapak asuh) Pak Azis Syamsuddin," ungkap Agus.

"Berapa kali bertemu? Dan di mana bertemu?" tanya jaksa.

"Lebih dari 5 kali, (bertemu) di rumah dinas di Jalan Denpasar, Jakarta Selatan," jawab Agus.

Agus juga pernah mengantarkan Robin ke Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat, bertemu seseorang bernama Rahardian sebanyak tiga kali. Namun Agus tidak menjelaskan rinci siapa Rahardian itu. Lapas Sukamiskin adalah tempat khusus untuk para koruptor menebus dosanya.

AKP Stepanus Robin (Azhar Bagas/detikcom)AKP Stepanus Robin (Azhar Bagas/detikcom)

Dia juga mengaku mengantarkan AKP Robin ke Lapas Tangerang. Sepengetahuannya bertemu mantan Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Rita Widyasari. Pernah juga mengantarkan AKP Robin bertemu Ajay dan Usman Effendi.

"Ke Lapas Tangerang, lapas perempuan, lebih dari tiga kali menemui seorang perempuan, sepengetahuan saya bu Rita Widyasari," ungkap Agus.

"Lalu pernah sekali (mengantar Robin untuk bertemu dengan Ajay) di hotel, nama hotelnya nggak tahu, lokasinya dekat seputaran kantor KPK. (Usman Effendi) benar pernah, sekali melihat di Bogor, kedua kali waktu antar ke lapas, ketiga kali di hotel waktu antar sertifikat," imbuhnya.

Baca perkara yang ditangani AKP Robin di halaman berikutnya.

Simak video 'KPK Dalami Pihak Penyuap Eks Penyidik KPK, Termasuk Azis Syamsuddin':

[Gambas:Video 20detik]