Apakah PPKM DKI Jakarta Diperpanjang? Ini Hasil Pengumumannya

Annisa Rizky Fadhila - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 19:03 WIB
Jakarta -

Apakah PPKM DKI Jakarta diperpanjang? Pertanyaan ini menjadi informasi penting setelah pemerintah mengumumkan evaluasi PPKM di Indonesia sore tadi.

Seperti diketahui, periode perpanjangan PPKM Jawa-Bali termasuk Jakarta berakhir hari ini. Pemerintah telah mengambil keputusan terbaru berdasarkan hasil evaluasi PPKM di berbagai daerah.

Jadi, apakah PPKM DKI Jakarta kembali diperpanjang? Simak ulasan di bawah ini.

Apakah PPKM DKI Jakarta Diperpanjang: Ini Jawabannya

Apakah PPKM DKI Jakarta diperpanjang? Jawabannya ya, pemerintah kembali memperpanjang PPKM DKI Jakarta. Dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, PPKM DKI Jakarta diperpanjang mulai 21 September-4 Oktober 2021.

"PPKM level diberlakukan 2 minggu untuk wilayah Jawa-Bali. Evauasi tetap dilakukan setiap minggu untuk mengantisipasi perubahan-perubahan yang terjadi begitu cepat," ujar Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam konferensi pers virtual, Senin (20/9/2021).

Kabar baiknya, Luhut menegaskan daerah Jawa-Bali sudah tidak ada yang menerapkan PPKM level 4. Artinya, seluruh daerah di Jawa-Bali sudah menjalankan PPKM level 2 dan PPKM level 3.

"Dari berbagai perbaikan tersebut, saya sampaikan tidak ada lagi kabupaten/kota yang berada di level 4 di Jawa Bali. Jadi semua di level 3 dan level 2." Kata Luhut.

Apakah PPKM DKI Jakarta Diperpanjang: Uji Coba Aturan Baru di Mal

Pertanyaan soal apakah PPKM DKI Jakarta diperpanjang sudah terjawab. Selanjutnya, mari simak informasi lain terkait PPKM DKI Jakarta.

Dalam aturan terbaru, pemerintah mengizinkan anak di bawah 12 tahun masuk mal di Jakarta Hanya saja, diperlukan pengawasan dari orang tua guna menjaga keamanan maupun kenyamanan anak.

Uji coba ini hanya berlaku di mal di 5 kota. Lima daerah itu adalah Jakarta, Bandung, Semarang, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dan Surabaya.

PPKM DKI Jakarta Diperpanjang, Ada Syarat Baru Masuk Bioskop

Informasi teranyar mengenai apakah PPKM DKI Jakarta diperpanjang yakni soal bioskop. Dalam kebijakannya, pemerintah mengizinkan kategori kuning masuk ke dalam bioskop. Sebelumnya, hanya kategori hijau yang dibolehkan masuk bioskop.

"Kategori kuning dan hijau dapat masuki area bioskop, yang tadinya hanya hijau saja sekarang kita bisa masuk dengan kuning," jelas Luhut.

Meski begitu, dia mengimbau penggunaan aplikasi PeduliLindungi dan penerapan protokol kesehatan harus diperketat. Selanjutnya, kapasitas pengunjung pun maksimal 50%.

Pertanyaan apakah PPKM DKI Jakarta diperpanjang sudah terjawab. Pernyataan lanjutan Menko Luhut soal pengumuman PPKM dapat disimak di halaman berikutnya.