Luhut: Kita Dapat Penghargaan dari Banyak Negara karena Sukses Tangani COVID

Tim detikcom - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 18:14 WIB
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut banyak negara yang menyampaikan apresiasi atas suksesnya penanganan COVID-19. Luhut lantas menyampaikan terima kasih kepada semua pihak.

Pernyataan itu disampaikan Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (20/9/2021). Luhut meminta semua pihak tidak bereaksi berlebihan.

"Tidak ada sedikit pun perasaan berlebihan atas apa capaian ini tapi semua dengan kerendahan hati dan ucapan syukur bahwa kita semua bisa menyelesaikan ini dan semua terlibat dari mulai mahasiswa pegawai-pegawai di kabupaten, kecamatan. Semua terlibat sampai TNI/Polri sampai kepada tingkat tertinggi," ujar Luhut.

Luhut mengatakan kesuksesan ini merupakan kerja dari semua pihak. Namun, kata Luhut, kerja keras tak lantas berhenti.

"Saya kira ini adalah kerja sama yang sangat hebat dan kita semua mendapatkan penghargaan dari banyak negara dan lembaga-lembaga terkenal dunia terhadap suksesnya ini tapi tidak berhenti di sini. Karena masalah ini, masih banyak sekali mungkin yang terjadi karena ketidaktahuan kita juga mengenai Delta varian ini," ujar Luhut.

Turun 98% dari Puncak Kasus

Luhut menyampaikan perkembangan kasus virus Corona (COVID-19) yang semakin baik. Salah satu hal baik adalah kasus harian sudah turun hingga 98 persen dari waktu puncaknya.

"Kasus aktif kurang dari 60 ribu, tepatnya 57 ribu sekian, dan kasus aktif sudah lebih rendah dari 60 ribu. Dan kasus harian turun hingga 98 persen dari titik puncak 15 Juli yang lalu," kata Luhut.