Sempat Jadi Sasaran Vandalisme, Tugu Sepatu di Jakarta Kini Di-take Out

Karin Nur Secha - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 12:38 WIB
Tugu sepatu yang berada di Jalan Sudirman, Jakarta, sempat menjadi sasaran vandalisme. Kini, instalasi tersebut tampak menghilang dari kawasan Sudirman.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Tugu sepatu yang dipasang di tiga titik di Jakarta kini sudah diangkut. Kabid Ekonomi Dinas Parekraf DKI Jakarta Helma Dahlia menjelaskan alasannya.

"Sudah di-take out karena sesuai (tanggal pelaksanaan). Pelaksanaannya sampai hari Minggu, 19 September 2021," ujar Helma saat dimintai konfirmasi, Senin (20/9/2021).

Helma mengatakan pengangkutan tugu sepatu itu tidak ada kaitannya dengan aksi vandalisme pada tugu sepatu depan Stasiun BNI City, Jakarta Pusat.

"Nggak ada (sangkut paut), memang jadwal sampe hari minggu," kata Helma.

Diketahui pemasangan instalasi sepatu ini penanda dimulainya rangkaian acara Festival Kolaborasi Jakarta 2021. Plt Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta Gumilar Ekalaya memastikan pembangunan instalasi di luar APBD DKI.

Selain di kawasan Sudirman, instalasi sepatu akan dipasang di 2 titik lainnya, yaitu Lapangan Banteng dan Alun-alun Velodrome. Instalasi ini akan dipasang pada 17-26 September 2021.

"Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memfasilitasi dengan menyediakan ruang publik yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat Jakarta," jelasnya.

Melalui kegiatan ini, Gumilar berharap pemulihan ekonomi nasional pascapandemi COVID-19 segera terwujud. Sekaligus, memotivasi masyarakat dalam membuat gerakan kolaborasi lebih besar.

"Tujuannya, untuk membangkitkan dan memberikan dukungan kepada pelaku ekonomi kreatif di Jakarta untuk tetap berkreasi di tengah tantangan pandemi," ujarnya.

Simak video 'Baru Dipamerkan, Tugu Sepatu di Sudirman Dicorat-coret':

[Gambas:Video 20detik]



(idn/idn)