Operasi Patuh Jaya 2021 Difokuskan Sasar Pelanggaran Prokes

Yogi Ernes - detikNews
Senin, 20 Sep 2021 09:50 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran meminta knalpot bising ditindak di Operasi Patuh Jaya
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil pimpin apel Operasi Patuh Jaya 2021 (Yogi Ernes/detikcom)
Jakarta -

Operasi Patuh Jaya 2021 digelar selama 14 hari mulai Senin (20/9) hingga 3 Oktober mendatang. Berbeda dari operasi tahun-tahun sebelumnya, Operasi Patuh Jaya kali ini lebih difokuskan dalam penindakan pelanggaran protokol kesehatan.

"Operasi Patuh Jaya 2021 di samping ingin meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas, sekaligus meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menaati protokol kesehatan COVID-19. Sehingga dapat mewujudkan keamanan, kesehatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas serta memutus mata rantai COVID-19," kata Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran di Polda Metro Jaya, Jakarta, Senin (20/9/2021).

Total 3.070 personel diturunkan dalam Operasi Patuh Jaya tahun ini. Fadil menyebut ada dua sasaran utama dari pelaksanaan operasi tersebut tahun ini.

Selain meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam menjalankan aturan lalu lintas hingga protokol kesehatan, Operasi Patuh Jaya 2021 pun mengatur perihal batasan penumpang dan pengunjung di transportasi umum dan fasilitas umum.

"Sasarannya adalah memberikan himbauan dan sosialisasi kepada masyarakat agar tertib berlalu lintas, disiplin protokol kesehatan, serta batasan pada moda transportasi umum, tempat-tempat perbelanjaan atau mal, restoran dan fasilitas umum selama PPKM sebagaimana instruksi Mendagri nomor 42 tahun 2021," papar Fadil.

"Sasaran kedua adalah melaksanakan manajemen rekayasa lalu lintas dalam pencegahan terjadinya kecelakaan lalu lintas," tambahnya.

Lihat juga video 'Polisi Tilang Pemotor yang Bandel Langgar Crowd Free Night':

[Gambas:Video 20detik]



Selengkapnya di halaman selanjutnya