Gubsu Edy Menjawab Sorotan Jokowi dengan Janji

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 21:34 WIB
Gubernur Sumut (Gubsu) Edy Rahmayadi
Foto: Gubernur Sumut Edy Rahmayadi (dok. Diskominfo Sumut)
Medan -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) minta Pemprov Sumatera Utara untuk segera menghabiskan stok vaksin Corona. Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi janji segera percepat vaksinasi.

Jokowi awalnya bicara soal vaksinasi lansia di Sumut yang baru mencapai 24 persen. Jokowi mengatakan hal ini sudah cukup bagus daripada daerah lain.

Dalam kesempatan itu hadir seluruh kepala daerah di Sumut secara langsung dan virtual. Termasuk Wali Kota Medan Bobby Nasution.

Jokowi kemudian berpesan untuk berhati-hati karena adanya ketimpangan vaksinasi di daerah-daerah di Sumut. Jokowi menyebut ada daerah yang sudah 82 persen warganya divaksinasi, tapi ada daerah lain yang hanya 7 persen.

"Kemudian hati-hati, tadi Panglima TNI sudah menyampaikan ada gap ada kota kota tertentu dengan kabupaten kota yang ada, yang angkanya sangat jauh, 82 persen sampai 7 persen," ucap Jokowi di rumah dinas Gubsu, Medan, Kamis (16/9/2021).

Dari data yang dipaparkan Jokowi, daerah di Sumut yang vaksinasi nya mencapai 82 persen yaitu Kabupaten Pakpak Bharat. Sementara untuk daerah yang vaksinasi warganya masih 7 persen adalah Kabupaten Nias Selatan.

Jokowi mengingatkan tidak boleh ada ketimpangan vaksinasi yang sangat jauh antardaerah.

"Hati-hati. Karena kita ini tidak bisa sendiri, misalnya Pematangsiantar, paling baik 100 persen. Tapi kanan-kirinya masih 14 persen, nggak ada artinya," ujar Jokowi.