NTB Minta 1,3 Juta Dosis Vaksin, Kejar Herd Immunity untuk Superbike-MotoGP

Audrey Santoso - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 16:13 WIB
Forkopimda NTB gelar apel gabungan untuk motivasi vaksinator di Praya, Lombok Tengah, NTB
Forkopimda NTB gelar apel gabungan untuk motivasi vaksinator di Praya, Lombok Tengah, NTB. (Dok. Polda NTB)
Lombok Tengah -

Nusa Tenggara Barat (NTB) meminta 1,3 juta vaksin COVID-19 untuk mengejar tercapainya kekebalan komunal atau herd immunity khusus di Lombok Tengah (Loteng). Hal itu dilakukan karena Loteng akan menjadi tuan rumah ajang balap motor internasional, Superbike dan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

"Stok vaksin saat ini yang ada 61 ribu (dosis vaksin COVID-19) yang sudah kami drop untuk Lombok Tengah. Kami sudah mintakan khusus untuk Lombok Tengah 1,3 juta lebih dosis vaksin," kata Kepala Dinas Kesehatan NTB, dr HL Hamzi Fikri kepada wartawan usai Apel Gabungan Tim Vaksinator, di Halaman Kantor Bupati, Praya, Kabupaten Lombok Tengah (Loteng), NTB, Minggu (19/9/2021).

"Sudah kami mintakan lewat Pak Gubernur (Zulkieflimansyah), juga ke Pak Luhut (Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan), langsung juga kepada para petinggi-petinggi di Kemenkes untuk men-support ini, 1,3 juta dosis vaksin tuntas disuntikkan 5 Oktober," imbuh dia.

Pada kesempatan yang sama, Kapolda NTB, Irjen Mohammad Iqbal mengatakan dirinya telah menargetkan dalam satu hari minimal 41.018 vaksin disuntikkan ke warga Loteng. Jika target tercapai, sisa dosis vaksin untuk disuntikkan ke warga keesokan harinya kurang dari 20 ribu, dan otomatis tak cukup untuk mencapai target 41.018 dosis vaksin per hari.

"Sudah kami target 1 hari minimal 41.018 masyarakat tervaksin. Tentunya dengan SOP yang betul, cara-cara yang humanis, santun, dan lain-lain, sehingga masyarakat mendapatkan herd immunity, juga masyarakat bahagia karena negara hadir di tengah-tengah mereka," ucap Iqbal.

"Kabupaten Lombok Tengah capaian untuk herd immunity 70 persen, 767.700 dari jumlah populasi penduduk. Dari 70 persen itu baru tercapai 19 persen, lebih mendekat 20 persen," sambung Iqbal.

Iqbal menerangkan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) NTB sengaja menggelar apel gabungan pagi tadi dalam rangka memotivasi para vaksinator, agar semangat mengejar target vaksinasi 41.018 warga per hari.

"Oleh karena itu, saya dan Pak Danrem, hadir di sini Pak Sekda mewakili Gubernur, kami ingin mempercepat dan melakukan motivasi, pengawasan dan pengendalian kepada 150 tim paramedis atau vaksinator yang akan disebar ke 139 desa yang ada di Kabupaten Lombok Tengah. Mulai hari ini,. capaian vaksin mereka 41.018 disuntikkan atau dosis harus habis," tegas Iqbal.

Simak berita lengkapnya di halaman berikutnya.