Sebagian Ortu Masih Ajak Anak di Bawah 12 Tahun Wisata ke TMII

Firda Cynthia Anggrainy Al Djokya - detikNews
Minggu, 19 Sep 2021 11:49 WIB
Jakarta -

Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, kini telah dibuka untuk kegiatan rekreasi. Sebagian orang tua (Ortu) masih membawa anaknya yang berusia di bawah 12 tahun untuk berwisata ke TMII.

"Kita baru buka mulai tanggal 17 September kemarin. Kalau emang ada (anak usia di bawah 12 tahun) itu kedua orang tuanya harus sudah divaksin," kata Kepala Humas TMII Adi Widodo saat dihubungi detikcom, Minggu (19/9/2021).

Kendati demikian, ia mengatakan pihaknya masih mengimbau pengunjung yang membawa anak berusia di bawah 12 tahun agar menunda rencana rekreasi.

"Kami selalu mengimbau masyarakat untuk anak di bawah usia 12 tahun sebaiknya jangan diajak rekreasi dulu," kata dia.

Pantauan detikcom pada Minggu (19/9), pukul 10.00 WIB, suasana di Tugu Api Pancasila, TMII, ramai pesepeda dan warga berekreasi. Beberapa pengunjung menggelar tikar dan bersantai di pinggir kawasan tugu. Tampak pengunjung membawa anak-anak di tengah keramaian, di antaranya masih balita.

Salah satunya Lisye (34), warga Condet yang mengunjungi TMII bersama tiga anaknya yang berusia di bawah 12 tahun.

"(Berwisata ke TMII) karena dekat rumah, di Condet. Ya terus kalau pagi kan emang enggak terlalu rame ya paling nanti kalau jam 11.00 WIB kita udah balik. Biasanya kita ke sini dari pagi jam 07.00 WIB," katanya.

Ia mengatakan bahwa dirinya dan anak-anak tetap menjaga protokol kesehatan selama berwisata ke TMII. Hal itu ia lakukan dengan menjaga kontak fisik antara anak-anaknya dan orang lain.

"Nggak papa sih yang penting dilihatin aja, ngejaga jarak, jangan terlalu deket sama yang lain. Yang penting mainnya di sini-sini aja," katanya.

Ia juga mengaku tak mendapat himbauan peringatan apa pun dari petugas saat memasuki kawasan wisata soal dia membawa tiga buah hati berusia di bawah 12 tahun.

"Nggak sih (diberi imbauan)," katanya.